Arsip Berita Opini

  • Job Security Vs Covid-19

    Job Security Vs Covid-19

    Pertengahan Desember 2019, dunia dikejutkan dengan kemunculan virus Covid-19 atau virus corona. Mata dunia tertuju ke Wuhan, tempat virus ini disinyalir ada untuk pertama kali.

  • Korona, Keamanan Insani, dan Kerja Sama Internasional

    Korona, Keamanan Insani, dan Kerja Sama Internasional

    virus korona baru atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 terus meluas. Dalam waktu kurang dari enam bulan, sedikitnya tercatat 859.796 kasus positif korona

  • Pandemi Korona, Resesi Ekonomi, dan Urgensi Kebersamaan

    Pandemi Korona, Resesi Ekonomi, dan Urgensi Kebersamaan

    Ketika bencana kemanusiaan akibat pandemi global virus korona belum lagi berakhir, Indonesia dan komunitas global telah dihadang resesi ekonomi.

  • Holopis Kuntul Baris Hadapi Korona

    Holopis Kuntul Baris Hadapi Korona

    Covid-19 yang telah menjadi bencana kemanusiaan yang mengancam keselamatan kita semua, hanya bisa dihadapi bila kita bergotong-royong dan tolong-menolong.

  • Larangan Mudik dan Bela Negara

    Larangan Mudik dan Bela Negara

    Berkumpul bersama keluarga, melepas kerinduan dengan suasana riang gembira, merupakan suasana spiritual yang kuat setiap hari Raya Idul Fitri.

  • Pemerintahan yang Lambat

    Pemerintahan yang Lambat

    Kota Guayaquil di Ekuador memiliki fenomena baru. Penduduk di sana yang awalnya secara diam-diam meletakkan jenazah-jenazah di trotoar jalan di malam hari.

  • Efek Domino Tutupnya Hotel

    Efek Domino Tutupnya Hotel

    Tutupnya ribua hotel memiliki efek domino yang sangat luas. Mengingat hotel merupakan salah satu bisnis yang melibatkan banyak pihak dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

  • Ekonomi Politik Internasional Covid-19

    Ekonomi Politik Internasional Covid-19

    Merebaknya wabah Covid-19 ke seluruh dunia menjadi pandemi global memaksa dunia berubah. Tidak hanya dari negara, pasar, tetapi juga masyarakat.

  • Skenario Terburuk Covid-19

    Skenario Terburuk Covid-19

    Jumlah kasus positif Covid-19 per 6 April 2020 di negeri kita sebanyak 2.491 kasus dan meninggal 209. Artinya, tingkat kematian kita berada di angka 8,4%.

  • Kebijakan Moneter Virus Korona, Efektifkah?

    Kebijakan Moneter Virus Korona, Efektifkah?

    PERSEBARAN virus korona (Covid-19) membuat pasar saham "crash". Dimulai dari anjloknya saham Dow Jones Industrial Average dengan minus 12%. Ini juga mengakhiri periode boom market selama 11 tahun di Wall Street yang mencetak cuan 400,5%.

  • Lockdown:Pemerintah Tidak Siap

    Lockdown:Pemerintah Tidak Siap

    VIRUS korona (Covid-19) terus menyebar dan memicu keadaan darurat nonpolitik dalam skala besar di hampir seluruh belahan dunia. Di Indonesia, jumlah kasus virus korona yang tercatat hingga Rabu (1/4) sebanyak 1.677 kasus, dengan jumlah kematian mencapai 157 orang.

  • Perppu dalam Reformasi Kebijakan

    Perppu dalam Reformasi Kebijakan

    Upaya-upaya perlindungan dan pengobatan atas serangan covid-19 tidak hanya pada satu area, karena saat ini virus sudah menyebar pada hampir seluruh provinsi di Indonesia.

  • Koruptor Itu Manusia Bukan Angka

    Koruptor Itu Manusia Bukan Angka

    Masih saja ada orang yang keberatan dengan pembebasan &ldquokoruptor&rdquo dan orang-orang yang sedang diadili karena di dakwa korupsi atau lagi di tahan dalam peroses penyidikan  pekara korupsi.

  • Dampak Stres dan Cemas di Saat Krisis (Covid-19)

    Dampak Stres dan Cemas di Saat Krisis (Covid-19)

    Semakin hari jumlah korban terinfeksi dan meninggal dunia semakian hari semakin terus bertambah, situasi ini tentunya sungguh menakutkan dan menimbulkan

  • Covid-19 Ubah Peradaban?

    Covid-19 Ubah Peradaban?

    Covid-19 memaksa kita mengubah perilaku. Satu tahap kecil perubahan pola, kebiasaan bisa jadi mengubah kebudayaan.

  • Dr Siti, Virus, dan WHO

    Dr Siti, Virus, dan WHO

    Wabah Covid-19 membuat banyak orang teringat pada Dr. Siti Fadilah Supari yang dulu berjibaku melawan virus Flu Burung 2005 dan bahkan berlanjut dengan melawan WHO di Jenewa.

  • Dampak Virus Corona bagi Industri Pariwisata

    Dampak Virus Corona bagi Industri Pariwisata

    Minimal ada 6 sektor industri yang berdampak akibat virus Covid-19, termasuk di Indonesia yaitu pariwisata, penerbangan, otomotive, oil and gas, consumer goods, dan elektronik.

  • Corona dan Dinamika Politik Global

    Corona dan Dinamika Politik Global

    Dunia menghadapi ketidakpastian masa depan akibat persebaran virus corona yang telah mengancam keamanan transnasional dan meruntuhkan sistem keuangan global.

  • Bukan Saatnya Bercanda

    Bukan Saatnya Bercanda

    Sikap santai, suka berkelakar, dan meremehkan persoalan ternyata mendatangkan risiko besar ketika menghadapi wabah korona (Covid-19).

  • Kelincahan Menunggangi Covid-19

    Kelincahan Menunggangi Covid-19

    Meskipun tidak sama, dampak yang dihasilkan Covid-19 memiliki kemiripan dengan krisis 1998. Bagi dunia bisnis, perlu langkah cepat untuk memanfaatkan kondisi

VIDEO
Top