Pemerintahan yang Lambat

loading...
Pemerintahan yang Lambat
Pemerintahan yang Lambat
A+ A-
Dinna Prapto Raharja, PhD
Praktisi & Pengajar Hubungan Internasional
@Dinna_PR

KOTA Guayaquil di Ekuador memiliki fenomena baru. Penduduk di sana yang awalnya secara diam-diam meletakkan jenazah-jenazah di trotoar jalan di malam hari sekarang tidak lagi sungkan-sungkan meletakkan di jalan raya agar dapat diambil oleh instansi pemerintah yang berwenang.

Situasi ini terjadi karena sistem dan fasilitas kesehatan Kota GYD sudah menutup pintu untuk menerima pasien sehingga semua yang meninggal, tidak hanya karena Covid-19, tetapi juga penyakit lain, kesulitan akses penguburan. Banyak orang yang meninggal ketika mereka sedang menuju atau sedang antre mendapat giliran di rumah sakit.

Kematian di kota ini mencapai jumlah 2.388 orang atau 70% dari total kematian di seluruh Ekuador yang awalnya berpopulasi 3.368 orang. Tidak ada yang tahu apakah angka kematian ini adalah angka yang sesungguhnya terjadi.



Maria Alexandra Torres, seperti yang dikutip dari Miami Herald, menggambarkan Kota Guayaquil seperti kota zombie. “Rumah pemakaman tidak ingin menerima jenazah. Ambulans tidak bergerak untuk mengambilnya,” katanya dalam pesan voicemail, menggambarkan tubuh yang ditinggalkan di luar dalam suhu 90 F yang lembap dan mengatakan dia dan yang lain melihat “hal-hal yang tidak dapat Anda bayangkan. Sangat tidak ada kontrol oleh pemerintah.”

Kota Guayaquil menjadi pusat atau episentrum wabah pandemi Covid-19 karena kawasan ini adalah kota yang paling padat, paling sibuk, dan menjadi pintu lalu lintas orang-orang yang pergi dan datang dari luar negeri. Karena itu, tidak mengherankan apabila jumlah penduduk yang terpapar oleh Covid-19 juga paling besar.

Kota Guayaquil adalah sebuah kota terbesar dan pelabuhan utama di Ekuador, yang terletak di Provinsi Guaya. Kota ini dikenal sebagai pintu gerbang ke pantai Pasifik dan Kepulauan Galapagos.



Wilayah kota ini membentang di sepanjang Sungai Guayas dan terkenal sebagai kawasan pejalan kaki yang dipenuhi barisan kafe dan rumah makan. Keramaian kota ini terutama karena pelabuhan Guayaquil adalah pelabuhan komersial paling penting di Ekuador. Seluruh barang yang diekspor dan diimpor ke Ekuador melalui pelabuhan ini karena dekat dengan Teluk Guayaquil yang menjadi perlintasan kapal laut.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top