alexametrics

Berita Terkini Opini

  • Covid-19 dan Geger Sosial Politik

    Covid-19 dan Geger Sosial Politik

    Covid-19 memang benar-benar musibah dahsyat yang menimbulkan korban jiwa sangat besar, kemandekan dan bahkan depresi ekonomi global yang mematikan.

  • Mencapai Kondisi Pendidikan Ideal dengan Merdeka Belajar

    Mencapai Kondisi Pendidikan Ideal dengan Merdeka Belajar

    Indonesia perlu segera berbenah dalam menyongsong target pendidikan 4.0 untuk mempersiapkan SDM yang unggul sehingga dapat mengikuti derap perkembangan pendidikan dunia yang cepat akibat kemajuan teknologi. Teknologi telah mengubah cara kita memandang dunia dan pendidikan.

  • Tantangan Koperasi di Tengah Pandemi

    Tantangan Koperasi di Tengah Pandemi

    Koperasi telah berulang tahun ke-73. Tanggal 12 Juli kemarin diperingati sebagai hari Koperasi. Terhitung dari kongres pertama koperasi yang diadakan pada 12 Juli 1947, maka koperasi di Indonesia sudah berusia 73 tahun.

  • Penenggelaman Kapal Asing Bukan Solusi

    Penenggelaman Kapal Asing Bukan Solusi

    Menjaga wilayah teritorial kedaulatan laut Indonesia adalah prioritas. Kekayaan Indonesia akan biota laut merupakan hak yang harus dijaga oleh Indonesia sendiri.

  • Ketahanan Pangan Kota di Adaptasi Kebiasaan Baru

    Ketahanan Pangan Kota di Adaptasi Kebiasaan Baru

    Setiap kota wajib memiliki ketersediaan pangan bergizi yang memadai melalui pertanian berkelanjutan, sehingga warga kota tidak ada yang kelaparan atau kekurangan gizi dan kualitas hidup meningkat.

  • Pupusnya Harapan Kehadiran Ruang Publik

    Pupusnya Harapan Kehadiran Ruang Publik

    RUANG-ruang publik itu pernah ditumpukan pada media sosial yang dapat dimiliki siapa saja bersama konten yang dihasilkannya.. Konten jadi intisari paradigma dialog.

  • Petuah Bangkit dari Sunrise of Java

    Petuah Bangkit dari 'Sunrise of Java'

    BERDENDANG hati Doni Monardo demi melihat Banyuwangi menggerakkan sektor ekonomi dari pariwisata dengan persiapan yang matang

  • Potensi BUMN Kesehatan sebagai Penopang Ekonomi Nasional

    Potensi BUMN Kesehatan sebagai Penopang Ekonomi Nasional

    Covid-19 telah menjadi ancaman nyata dalam kehidupan penduduk dunia. Bukan hanya berupa ancaman kesehatan, ancaman jiwa, bahkan menjadi ancaman ekonomi global yang sangat mengkhawatirkan.

  • Tata Kelola Keamanan Laut Indonesia

    Tata Kelola Keamanan Laut Indonesia

    Dalam dua minggu terakhir kita disuguhkan bagaimana situasi di Laut China Selatan semakin memanas karena pengerahan militer dari China dan Amerika Serikat. Uniknya, di saat yang sama, di dalam negeri Indonesia, kita masih berkutat dengan pekerjaan rumah membenahi tata kelola keamanan laut yang hingga kini belum juga selesai.

  • Optimisme Kebangkitan Desa

    Optimisme Kebangkitan Desa

    Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan sebagai tercatat pada kesakitan dan kematian harian, tapi juga secara sistemik telah berdampak pada ekonomi rakyat.

  • Gerakan Pakai Masker dan Upaya Rebranding Indonesia

    Gerakan Pakai Masker dan Upaya Rebranding Indonesia

    Beberapa hari terakhir beredar kabar buruk bahwa Warga Negara Indonesia termasuk dalam kelompok beberapa warga negara asing yang belum bisa masuk ke negara-negara di Eropa.

  • RUU PKS Dicabut Dari Prolegnas 2020, Empati Kosong Wakil Rakyat?
  • Hati-hati, Utang BUMN Bisa Picu Krisis Lebih Besar

    Hati-hati, Utang BUMN Bisa Picu Krisis Lebih Besar

    Ada tiga kondisi fundamental yang memicu terjadinya krisis finansial pada tahun 1997/1998, yaitu gagal bayar utang korporasi, turunnya modal masuk, dan sistem keuangan yang rentan.

  • Ambisi Israel Mencaplok Tepi Barat

    Ambisi Israel Mencaplok Tepi Barat

    Salah satu konflik besar di dunia yang sampai sekarang ini sangat ruwet untuk diselesaikan adalah konflik Arab/Palestina-Israel. Sejak negara Israel didirikan di Tanah Palestina pada 1948, konflik pecah antara negara Israel (bangsa Yahudi) dan negara-negara Arab (rakyat Palestina dan bangsa-bangsa Arab).

  • Perempuan dalam Pusaran RUU Kekerasan Seksual

    Perempuan dalam Pusaran RUU Kekerasan Seksual

    Dikeluarkannya Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020 mengundang kekecewaan publik, khususnya kelompok aktivis perempuan yang gigih mendorong lahirnya sebuah undang-undang yang bisa melindungi perempuan dari kekerasan seksual.

Top