Berita Terkini Opini

  • Tragedi Bangsa: Watak Kekerasan dan Nir-Teladan

    Tragedi Bangsa: Watak Kekerasan dan Nir-Teladan

    Beberapa bulan terakhir kita dipaksa menelan tragedi-komedi dari watak kekerasan yang gamblang. Sebuah kesedihan massal diramu kelucuan-kelucuan sebagai babak finalnya.

  • Belajar dari Tragedi Hillsborough

    Belajar dari Tragedi Hillsborough

    Benar bahwa suporter punya andil karena tidak dibenarkan untuk menyerbu lapangan setelah pertandingan. Namun, apakah itu yang menjadi penyebab kematian? Tentu tidak.

  • Integrasi Pendidikan Perubahan Iklim pada Kurikulum Merdeka

    Integrasi Pendidikan Perubahan Iklim pada Kurikulum Merdeka

    Upaya untuk mengatasi perubahan iklim melalui pendidikan tidak hanya dalam integrasi dalam kurikulum. Kita perlu memperhatikan bagaimana perubahan iklim diajarkan.

  • Hancurnya Keadaban Hukum

    Hancurnya Keadaban Hukum

    Hukum menjadi sekadar permainan bagi mereka yang memiliki kekuatan uang dan politik. Hukum hanya hiasan belaka, sebab hukum tidak mampu lagi menjalankan fungsinya sebagai penegak keadilan.

  • Menyambut Muktamar Muhammadiyah Ke-48

    Menyambut Muktamar Muhammadiyah Ke-48

    Muhammadiyah sebagai gerakan Islam moderat harus mampu menginternasionalkan ajaran agama Islam sebagai sumber harmoni dan perdamaian dunia. Bukan sumber konflik.

  • Anies, Paloh, Wali Politik, dan So What?

    Anies, Paloh, Wali Politik, dan So What?

    Seorang pun tidak tahu kenapa Surya Paloh mempercepat pengumuman itu, sekalipun ada berita awal bahwa deklarasi Anies akan dilakukan pada awal bulan November.

  • Mengembalikan Moralitas Universal Lembaga Pendidikan

    Mengembalikan Moralitas Universal Lembaga Pendidikan

    Anak didik tidak selalu dipandang seperti gelas kosong yang harus diisi, tetapi mereka memiliki potensi-potensi jiwa yang perlu ditambah insight dan didorong agar memaksimalkan fitrah belajarnya.

  • Masalah Bebasnya Napi Koruptor

    Masalah Bebasnya Napi Koruptor

    Sangat naif jika kelompok masyarakat tertentu masih menuntut atau meminta pemerintah menghapuskan revisi, asimilasi atau bebas bersyarat.

  • Membangun Sistem Transaksi Perdagangan Aset Kripto

    Membangun Sistem Transaksi Perdagangan Aset Kripto

    Ke depan, ekonomi digital yang di dalamnya, termasuk fintech, aset kripto, dan niaga elektronik memiliki potensi yang besar dalam kontribusinya bagi pertumbuhan perekonomian nasional.

  • Perspektif Merkantilisme dan Transformasi Struktural

    Perspektif Merkantilisme dan Transformasi Struktural

    Transformasi ekonomi berkaitan dengan penguatan investasi baik domestik maupun asing menuntut tata kelola pemerintahan yang baik, seperti dari sisi perizinan.

  • Ikhtiar Kolektif Tumbuhkan Minat Baca

    Ikhtiar Kolektif Tumbuhkan Minat Baca

    Saatnya pemerintah mendorong kebijakan anggaran yang baik terhadap eksistensi perpustakaan sehingga kualitasnya dapat ditingkatkan dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat di era digital.

  • Mengubah Perilaku untuk Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025

    Mengubah Perilaku untuk Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025

    Sungguh diperlukan perubahan mendasar pada perilaku masyarakat dalam melihat permasalahan dan mengatasi timbulan sampah guna menciptakan lingkungan hidup yang lebih berkualitas dan bermanfaat.

  • Mahkamah Konstitusi dalam Pusaran Politik

    Mahkamah Konstitusi dalam Pusaran Politik

    Sayangnya, upaya untuk mengintervensi MK secara politik terus berlangsung sampai saat ini. Yang terbaru adalah soal wacana DPR untuk kembali melakukan perubahan atas UU MK.

  • PPHN untuk Tantangan Riil akibat Perubahan Zaman

    PPHN untuk Tantangan Riil akibat Perubahan Zaman

    Agar negara dapat mewujudkan kesejahteraan segenap warganya, politik pembangunan harus selalu mengacu pada politik kesejahteraan itu, siapa pun pemimpin atau presidennya.

  • Mari Dukung Partisipasi Taiwan di ICAO

    Mari Dukung Partisipasi Taiwan di ICAO

    Organisasi ini merupakan wadah otoritas penerbangan sipil yang membahas isu-isu, seperti keselamatan penerbangan, layanan navigasi udara, keamanan penerbangan, perlindungan lingkungan.

  • Mencermati Tren Paylater

    Mencermati Tren Paylater

    Meski industri pembiayaan paylater membawa dampak positif, namun jika tidak dikawal dengan kebijakan yang tepat maka akan dapat berdampak negatif bagi masyarakat.

  • Industrialisasi Kunci Sukses Ekonomi Pancasila

    Industrialisasi Kunci Sukses Ekonomi Pancasila

    Dalam konteks ekonomi Pancasila yang menekankan pada upaya menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, industrialisasi merupakan faktor pendorong adanya demokratisasi ekonomi.

  • Riset Operasional Tuberkulosis

    Riset Operasional Tuberkulosis

    Ada ratusan ribu kasus baru dan puluhan ribu kasus TB kita meninggal setiap tahunnya. Diperlukan upaya keras dan peran banyak pihak untuk Indonesia dapat lebih baik dalam menangani tuberkulosis.

  • PR Setelah Pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi

    PR Setelah Pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi

    Memasuki dunia digital adalah memasuki wilayah publik yang luas di mana informasi tercatat dan tersebar secara luas tanpa batas batas geografis

  • Kegagalan Pasar dan Pandemi

    Kegagalan Pasar dan Pandemi

    Pandemi Covid-19 membuat pasar tidak mampu melaksanakan fungsinya dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi secara efisien dalam menghasilkan barang dan jasa.

  • Petani adalah Pahlawan Pangan Nasional

    Petani adalah Pahlawan Pangan Nasional

    Sabtu, 24 September 2022, segenap bangsa di Republik Indonesia, memperingati Hari Tani Nasional ke-62, sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para petani.

  • Ketegangan antara Taiwan dan Daratan China Belum Mereda, Masalah Keluarga atau Masalah Dunia Internasional?

    Ketegangan antara Taiwan dan Daratan China Belum Mereda, Masalah Keluarga atau Masalah Dunia Internasional?

    Keterangan antara otoritas Taipei dan Beijing meningkat akhir-akhir ini karena akibat dari kunjungan ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan pada tanggal 2 Agustus 2022.

  • Mobilisasi Parsial dan Referendum oleh Rusia, Babak Baru Perang Rusia-Ukraina

    Mobilisasi Parsial dan Referendum oleh Rusia, Babak Baru Perang Rusia-Ukraina

    Pengumuman oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Rabu (21/9/2022), membuka babak baru perang Rusia-Ukraina. Dua poin penting mengenai pengumuman ini adalah 1) Mobilisasi parsial angkatan bersenjatan Rusia yang rencananya akan menambahkan sekitar 300.000 personil dalam perang melawan Ukraina. 2) Vladimir Putin juga akan mendorong referendum.

  • Kado Pahit Hari Tani

    Kado Pahit Hari Tani

    Kesalahan industrialisasi tanpa transformasi struktur ekonomi tidak hanya memiskinkan petani, tapi juga membuat fondasi ekonomi rapuh.

  • Berpihak Kepada Petani

    Berpihak Kepada Petani

    Menelaah upaya negara lain memberi pembelaan kepada petani melalui land reform di Jepang dan Korea Selatan patut dijadikan pelajaran.

  • Mencegah Kekerasan di Pesantren

    Mencegah Kekerasan di Pesantren

    Perundungan di pesantren, baik verbal maupun fisik, yang mengakibatkan luka ringan, luka berat, apalagi kematian harus menjadi perhatian bersama dan dicegah.

  • Masalah Korupsi karena Kerugian Keuangan Negara dan Solusinya

    Masalah Korupsi karena Kerugian Keuangan Negara dan Solusinya

    Merujuk pada beberapa UU yang berlaku terkait korupsi diperlukan perubahan-perubahan yang bersifat strategis dan menyeluruh untuk memperjelas arah politik hukum dalam pemberantasan korupsi.

VIDEO
PHOTO
Top