Berita Terkini Opini

  • Penjabat Kepala Daerah di Tahun Pemilu 2024

    Penjabat Kepala Daerah di Tahun Pemilu 2024

    Kehadiran penjabat kepala daerah tidak jarang melahirkan kerumitan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah meskipun kehadiran mereka bersifat sementara dengan masa jabatan singkat.

  • Menyapa Kesiapan Indonesia Hadapi Ancaman Inflasi

    Menyapa Kesiapan Indonesia Hadapi Ancaman Inflasi

    Perang Rusia-Ukraina, pergerakan tingkat bunga meningkat, program belanja perlindungan covid-19 yang berlebihan bahkan sampai defisit diatas 10%, merupakan beberapa penyebab munculnya inflasi tinggi.

  • Keadilan Restoratif Satu Catatan dan Dukungan

    Keadilan Restoratif Satu Catatan dan Dukungan

    Penegak Hukum telah berupaya keras untuk dapat menyelesaian masalah pidana yang tidak harus diakhiri melalui persidangan pidana yang rumit dan berbelit, tetapi melalui penyelesaian yang disebut sebagai restorative justice.

  • Polemik Nama JIS: Mau Nginggris atau Ngindonesia?

    Polemik Nama JIS: Mau Nginggris atau Ngindonesia?

    BARU-BARU ini muncul polemik penamaan gedung Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta yang menggunakan bahasa asing.

  • Paradigma Monoloyalitas IDI

    Paradigma Monoloyalitas IDI

    Bila ingin berkontribusi, PDSI sebaiknya bisa berinklusi dengan IDI yang hingga kini disepakati sebagai rumah besar oleh para dokter Indonesia. Bukan mengambil sikap antitesa.

  • Teknologi Metaverse Antikorupsi

    Teknologi Metaverse Antikorupsi

    Keterlibatan masyarakat luas pada pemilihan pejabat publik berbasis teknologi metaverse ini setidaknya akan membantu masyarakat untuk mengetahui calon yang memiliki integritas maupun sebaliknya.

  • Ancaman Terbesar Itu Bernama Takut

    Ancaman Terbesar Itu Bernama Takut

    Tulisan ini masih lanjutan dari pertemuan tahunan interfaith di University of North Florida. Sebuah perhelatan antar Komunitas agama yang cukup berprestise.

  • Peta dan Mudik Lebaran

    Peta dan Mudik Lebaran

    Modal penting lain yang diperlukan saat melakukan perjalanan adalah peta. Peta atau informasi geospasial, dapat terintegrasi di setiap gawai maupun layar dasbor di mobil tertentu.

  • Hoaks dan Defisit Kesalehan Digital

    Hoaks dan Defisit Kesalehan Digital

    JIKA melihat indikator keberagamaan di Tanah Air, terutama ketaatan beribadah, Indonesia termasuk salah satu negara yang paling religius di Asia, bahkan di dunia.

  • Nasib Miris Guru

    Nasib Miris Guru

    Guru seringkali terjebak pada posisi dan daya tawar yang rendah, meskipun mereka memiliki kualifikasi akademik dan pengalaman kerja.

  • G-20 dan Diplomasi Cerdas

    G-20 dan Diplomasi Cerdas

    Sebagai bagian dari smart diplomacy, agar lebih efektif alangkah eloknya kalau perhelatan G20 yang akan datang berhasil dibumikan menjadi diskursus publik di Indonesia.

  • Puasa Ramadan, Idul Fitri, dan Pemerataan Kesejahteraan

    Puasa Ramadan, Idul Fitri, dan Pemerataan Kesejahteraan

    Kapitalisme memiliki cacat bawaan alias kesalahan paradigmatik, yakni tidak mempertimbangkan aspek spiritual, akhirat, dan Tuhan dalam proses perencanaan serta implementasi kebijakan pembangunan.

  • Mudik 2022 dan Rindu yang Tertunda

    Mudik 2022 dan Rindu yang Tertunda

    Tradisi mudik di Indonesia sudah seperti rutinitas wajib. Warga berbondong-bondong melakukan perjalanan dengan menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer menggunakan berbagai moda transportasi

  • Idul Fitri Titik Nol Menuju Transformasi Struktural

    Idul Fitri Titik Nol Menuju Transformasi Struktural

    Transformasi struktural dapat dicapai melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dukungan bahan baku dan energi, serta kemudahan akses pembiayaan.

  • Pendidikan yang Kita Rindukan

    Pendidikan yang Kita Rindukan

    Usai pandemi, situasi pendidikan kita tidak baik-baik saja. Walaupun sudah diantisipasi, tetap saja kondisi pendidikan kita lumayan berat.

  • Ijtihad Manajemen dan Fiqhiyyah Haji

    Ijtihad Manajemen dan Fiqhiyyah Haji

    Setelah merayakan Idul Fitri dan menikmati ijtihad mudik dan halal bihalal, kita menanti ijtihad yang lain. Sebentar lagi kita memasuki musim haji.

  • Seabad Rosihan Anwar (1922-2022): Wartawan yang Tidak Bisa Dikalahkan

    Seabad Rosihan Anwar (1922-2022): Wartawan yang Tidak Bisa Dikalahkan

    Rosihan Anwar lahir di kampung Kubang Nan Dua, Sumatera Barat, 10 Mei 1922. Hari kelahiran Begawan Pers Nasional itu akan digelar 'Seabad Rosihan Anwar'.

  • Kepribadian Muslim Pasca Ramadhan

    Kepribadian Muslim Pasca Ramadhan

    Ramadhan sudah berlalu, setelah 1 bulan kita menjalani ibadah puasa yang merupakan bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.

  • Mari Bersalam-salaman

    Mari Bersalam-salaman

    MARI bersalam-salaman. Paling tidak, mari bayangkan saling bersalam-salaman. Kita sudah lama tidak saling bersentuhan tangan. Bersalaman lama kita hindari.

  • Idul Fitri, Puncak Ibadah yang Menyatukan dan Menguatkan

    Idul Fitri, Puncak Ibadah yang Menyatukan dan Menguatkan

    Idul Fitri menjadi puncak ibadah puasa bulan suci Ramadhan. Idul Fitri pun menghadirkan kebahagiaan karena menjadi momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Top