Seniman Taiwan Suarakan Pesan Lingkungan dalam Pameran Metaphors About Islands di Jakarta

Selasa, 18 Januari 2022 - 10:48 WIB
loading...
A A A
Seniman Taiwan Suarakan Pesan Lingkungan dalam Pameran “Metaphors About Islands” di Jakarta

Island Echoes, karya seniman Lin Yi-Chi, Blanco Benz Altrelier dan Studio Malya.

Menggunakan beberapa kelompok dialog untuk menyajikan rekaman realitas, pengunjung dapat berdialog dengan perangkat berbentuk seperti mercusuar, berpartisipasi dengan bahasa yang berbeda melalui "bermain membaca" untuk membangun imajinasi berbagai kelompok suara.

baca juga: Mengaktualisasikan Kembali Gagasan Seni Rupa Basuki Resobowo

Berikutnya, karya instalasi yang tak kalah keren adalah Linking, karya seniman Yuma Taru dan KOMUNITAS KAHE. Karya ini adalah jejak lintasan masyarakat Austronesia, akibat retaknya ingatan kolektif, memerlukan penelitian lebih lanjut untuk merekonstruksinya.

Seniman Taiwan Suarakan Pesan Lingkungan dalam Pameran “Metaphors About Islands” di Jakarta

Linking, karya seniman Yuma Taru dan KOMUNITAS KAHE

Karya ini menyimulasikan penggalian kerang di lubang arkeologi dan jalinan tenun Atayal, mencoba menghubungkan suku Atayal di Taiwan dan budaya Austronesia Flores di Indonesia melalui ruang dan waktu. Proyek ini merupakan interpretasi alternatif dari warisan budaya Pulau Flores Selatan, merupakan titik awal untuk eksplorasi dan bertanya lebih lanjut.

baca juga: Peran dan Potensi Seni Rupa dalam Ekonomi Kreatif saat Pandemi

Selanjutnya, karya berjudul Force Majeure!, yang dibuat oleh Lightbox Library beserta SOKONG! dan RAWS SYNDICATE (RAWS SNDCT). Karya berupa strategi penyebaran gambar ini mengumpulkan gambar yang sudah jadi melalui web atau media cetak, mengunjungi kembali lokasi bencana untuk pengambilan gambar lokasi dan menggunakan teknik pasca produksi untuk mengintervensi dan mengubah subjek utama gambar.

Seniman Taiwan Suarakan Pesan Lingkungan dalam Pameran “Metaphors About Islands” di Jakarta

Force Majeure!

Dengan cara ini, merenungkan mekanisme sirkulasi video kontemporer dan hubungan dialektis antara berbagai peristiwa kebetulan. Dengan mengintervensi dan mengubah citra, rantai naratif bencana yang dibangun oleh mereka untuk menantang kebiasaan masyarakat dan menyerukan refleksi kembali terhadap bencana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)