Menakar Pandemi, Satu Juta Kasus Terlampaui

Rabu, 27 Januari 2021 - 06:10 WIB
Langkah Kementerian Kesehatan dalam menambah kapasitas tempat tidur dan tenaga kesehatan, perlu diperkuat dengan peningkatan mutu, perhitungan beban, ketersediaan SDM/alat yang rasional serta penguatan sistem layanan kesehatan primer. Puskesmas dan klinik swasta yang selama ini menjadi andalan program kesehatan berbasis komunitas, perlu diperkuat perannya baik dalam surveilans, rujukan, maupun penopang layanan kesehatan.

Penutup

Menekan kasus dan CFR bisa dilakukan dengan belajar dari peristiwa yang lalu dan kekurangan kita dalam satu tahun terakhir. Saatnya untuk mengevaluasi data, sistem rujukan, akses, SDM, peralatan, sistem informasi kesehatan serta kualitas dan kecepatan layanan. Sejarah pandemi menunjukkan bahwa penanganan tidak bisa instan dan harus komprehensif. Menjadikan vaksin satu-satunya game changer dan sikap over confidence bisa membuat kita game over.

Di banyak negara, keberhasilan pencegahan penyakit selalu mengedepankan literasi kesehatan dari populasinya, termasuk perilaku dan kemampuan manajemen kesehatan pemerintahnya. Ini semua mesti berjalan beriringan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More