5 Fakta Mantan Danjen Kopassus Yogie S Memet, Jenderal Religius dengan Banyak Jabatan Strategis

Kamis, 16 Mei 2024 - 17:11 WIB
loading...
5 Fakta Mantan Danjen Kopassus Yogie S Memet, Jenderal Religius dengan Banyak Jabatan Strategis
Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Yogie S Memet. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Yogie S Memet merupakan salah satu tokoh militer Indonesia yang cukup terkenal. Sepanjang aktif di militer, pria kelahiran Cirebon, 16 Mei 1929 ini sudah banyakmenduduki posisi penting.

Pengalaman dan catatan kariernya yang mentereng membuat Yogie S Memet disegani banyak orang. Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut ini rangkuman fakta menarik Letjen (Purn) Yogie S Memet.


Fakta Menarik Letjen (Purn) Yogie S Memet

1. Pernah Rangkap 3 Jabatan

Pada catatan kariernya, Yogie S Memet pernah menjadi Danjen Kopassus. Pada periode 1975-1983 dia memimpin Korps Baret Merah yang dulu masih bernama Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha).

Saat menjadi Danjen Kopassandha, Yogie S Memet memiliki kisah menarik. Dia ditunjuk menjabat Pangdam Siliwangi oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima ABRI Jenderal TNI M Jusuf.

Pangkatnya naik menjadi jenderal bintang dua. Belum selesai, beberapa waktu berikutnya Yogie diangkat sebagai Pangkowilhan II. Naik pangkat lagi menjadi Letjen, dia pun tetap ditugaskan pula sebagai Danjen Kopassandha sekaligus Pangdam Siliwangi.

Artinya, Yogie waktu itu mengemban tiga jabatan sekaligus. Sosoknya pun tertulis dalam sejarah sebagai perwira tinggi (Pati) TNI yang memegang tiga jabatan strategis secara bersamaan.

2. Sosok Santun dan Religius

Kesehariannya Yogie S Memet dikenal pribadi yang santun dan religius. Hal ini pernah diceritakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam buku biografinya yang berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto”.

Prabowo mengenal Yogie S Memet pertama kali saat baru lulus dari latihan komando di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus), Batujajar, Bandung. Waktu itu, dia yang masih berpangkat Letda melakukan Korps Lapor kepada Komandan Kopassandha Brigjen TNI Yogie S Memet.

Pada pertemuan pertamanya, Prabowo kagum dengan ajakan Yogie untuk selalu menghormati kedua orang tua. Belum lagi, dia juga menjadi satu sosok yang mulai menghentikan kehidupan ‘nakal’ di kalangan pasukan Korps Baret Merah.

”Beliau memang religius, rajin ke masjid. Beliau jugalah yang mulai menghentikan kehidupan nakal di kalangan pasukan tempur Korps Baret Merah,” tulis Prabowo dalam bukunya yang dikutip, Rabu (5/15/2024).

3. Tidak Izinkan Istrinya Pakai Mobil Dinas

Terlepas dari statusnya yang waktu itu memegang jabatan strategis, Yogie S Memet tetap dikenal sosok sederhana. Hal ini bisa dilihat dari kesehariannya yang tidak pernah menggunakan fasilitas kedinasan untuk urusan keluarga.

Misalnya, penggunaan mobil dinas. Yogie tidak pernah mengizinkan mobil dinas digunakan untuk kepentingan istrinya. Sikap dan tindakan inilah yang kemudian menjadi teladan bagi anak buahnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)
pixels