Arahan Presiden Dalam Penanggulangan Covid-19 Perlahan Mulai Terwujud

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 08:09 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, perkembangan peta zonasi risiko pada pekan ini juga masih perlu menjadi perhatian. Karena zona oranye atau risiko sedang, terus mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat dibandingkan sejak pertama kali penetapan zonasi risiko daerah pada 31 Mei, yakni sebanyak 166 kabupaten/kota. Namun per 25 Oktober jumlah daerahnya bertambah mencapai 360 kabupaten/kota. Lalu, jumlah zona merah tercatat ada 20 kabupaten/kota, zona kuning 115 kabupaten/kota, dan zona hijau 19 kabupaten/kota.

54 kabupaten/kota yang selama 10 minggu berturut-turut berada dalam zona oranye mendapat sorotan khusus tim Satgas Penanganan Covid-19 . Kondisi itu artinya, perlu ada evaluasi menyeluruh terhadap penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Harusnya daerah-daerah yang tidak berubah kondisinya selama 10 minggu berturut-turut itu, belajar untuk meningkatkan penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

54 kabupaten/kota yang tidak berubah zonasi risikonya itu adalah, Aceh Tengah, Asahan, Karo, Kota Pematang Siantar, Labuhan Batu, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Toba Samosir, Banyuasin, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Solok, Bintan, Bogor, Demak, Grobogan, Kota Magelang, Purworejo, Sragen, Blitar, Jember, Jombang, Pandeglang, Bantul, Yogyakarta, Kulonprogo, Lombok Barat, Bulungan, Paser, Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Kota Banjarbaru, Tanah Bumbu, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Minahasa Selatan, Gowa, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Buton, Buton Tengah, Kota Bau Bau, Mamuju, Gorontalo Utara, Halmahera Utara, Kota Ternate, dan Keerom. (Lihat videonya: Viral Pengendara Motor Diduga Bonceng Mayat di Boyolali)

"Sepuluh minggu bukanlah waktu yang sebentar. Untuk itu kepada bupati dan wali kota ini dibantu gubernurnya, untuk bisa memperbaiki kondisi di wilayahnya. Kami menunggu kepada 54 kabupaten/kota ini untuk bisa berpindah ke zona kuning," pesan Wiku. (Binti Mufarida)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)