Arahan Presiden Dalam Penanggulangan Covid-19 Perlahan Mulai Terwujud

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 08:09 WIB
loading...
Arahan Presiden Dalam Penanggulangan Covid-19 Perlahan Mulai Terwujud
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Foto/Koran SINDO/Yulianto
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkapkan, sesuai arahan Presiden dalam penanggulangan pandemi Covid-19 , ada tiga hal yang mesti diwujudkan, yaitu penurunan kasus baru, peningkatan angka kesembuhan, serta penurunan angka kematian. Yang menggembirakan, tiga hal ini berdasarkan data yang dihimpun Satgas Penanganan Covid-19 grafiknya makin menunjukkan tren positif.



Grafik menggembirakan ini tak lepas dari intervensi pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 bersama seluruh komponen bangsa, yang secara terus-menerus berjibaku menekan penyebaran Covid-19. Kendati begitu, masyarakat dan seluruh tim yang bekerja diminta untuk tidak berpuas diri. Malah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan kesiapsiagaan satu di antaranya dengan menambah ruang isolasi perawatan pasien Covid-19.

Arahan Presiden Dalam Penanggulangan Covid-19 Perlahan Mulai Terwujud


Terawan Agus Putranto mengungkapkan, saat ini telah ditunjuk sejumlah rumah sakit yang melayani Covid-19 baik rumah sakit yang ditetapkan Kemenkes maupun yang ditetapkan oleh gubernur masing-masing provinsi. “Saya sangat berterima kasih dan bersyukur melihat apa yang sudah dikerjakan oleh teman-teman semua, baik secara individu maupun melalui pelayanan di rumah sakit begitu luar biasa. Dan, perjuangan kebersamaan inilah, saya yakin akan diridai dan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Terawan dalam sambutannya secara virtual pada Seminar Nasional XVII Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety kemarin. (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)

Terawan juga memberikan pesan khusus kepada acara PERSI kali ini yang membuktikan semangat para pejuang kesehatan yang tidak pernah padam melayani pasien dan menyelamatkan pasien yang sakit. “Karena itu, saya bersyukur, acara PERSI ini sekaligus memperlihatkan betapa semangat dan juga perjuangan tidak pernah padam di dalam melayani pasien, di dalam ingin menyelamatkan pasien dari sakit, penyakit yang diderita oleh pasien,” kata Terawan.

Persentase Kesembuhan Lampaui Rata-rata Dunia

Sementara itu, sampai kemarin angka orang yang sembuh dari Covid-19 terus mencatatkan grafik menggembirakan. Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19, sampai kemarin tercatat jumlah orang yang sembuh bertambah 4.517 orang, sehingga total 334.295 orang sembuh dari Covid-19.

Angka rata-rata kesembuhan saat ini juga terus naik, bahkan mencapai 81,6% atau lebih tinggi dari persentase rata-rata dunia yang hanya 73,12%. Adapun kesembuhan tertinggi pertama tercatat pada 18 September yakni sebanyak 4.088 orang. Lalu pada 25 September 4.343 orang, dan pada 30 September 4.510 orang. Jumlah kesembuhan mencetak rekor tertinggi yakni mencapai 5.810 sehari pada 15 Oktober.

Jika dirincikan lagi, pada kasus sembuh tercatat sebanyak 57,6% atau ada 276 kabupaten/kota memiliki kesembuhan di atas 75%. Bahkan ada kabupaten/kota yang memiliki tingkat kesembuhan mencapai 100%. Lalu, sebesar 37,5% atau 193 kabupaten/kota memiliki kesembuhan antara 25% – 75%. 13 kabupaten/kota yang tingkat kesembuhannya kurang dari 25%, yakni Natuna (0%), Nigada (0%), Belu (0%), Manggarai Timur (0%), Sarmi (13,3%), Kepulauan Yapen (14,2%), Maybrat (16,6%), Padang Lawas (19,5%), Bungo (20,8%), Kaimana (22,2%), Nias Utara (22,2%), Sarolangun (24,11%) dan Mamuju Utara (24,3%). (Baca juga: Kemenag Minta Guru Fokus Pada Pendidikan Karakter Siswa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)