Peringati Harlah ke-81 Taufiq Kiemas, Basarah: Banyak Berikan Suri Teladan

Senin, 01 Januari 2024 - 10:14 WIB
loading...
A A A
"Maka di tahun 2010 Pak Taufiq Kiemas mulai mengangkat kembali memori kita tentang ideologi Pancasila, dan tentang bernegara. Maka yang menjadi Ketua MPR RI l untuk pertama kalinya dilaksakan peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2010 di Gedung MPR RI, dan dilanjutkan 2012 beliau membuat program Sosialisasi 4 pilar MPR RI," tutur Basarah.

Berkat jasa Taufiq Kiemas yang saat itu menjadi Ketua MPR RI, negara terus menyelenggarakan program P4 serta intensif melaksanakan program sosialisasi 4 pilar MPR RI.

"Hingga akhirnya di 2016 Presiden Jokowi menetapkan Kepres tentang Peristiwa 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Maka sejak saat itulah Pancasila diperingati hari lahirnya setiap 1 Juni," jelas Basarah.

Selanjutnya pada 2018, Basarah menjelaskan Pemerintah Presiden Jokowi membentuk suatu wadah yang bernama Badan Pembinaan Idoelogi Pancasil (BPIP) sehingga negara hadir membangun mental Pancasila.

"Semua itu asbabun-nuzulnya (asal-usul penyebab lahirnya dan terbentuknya) dimulai dari inisiatif pak Taufiq Kiemas ketika merancang dan melaksanakan program sosialisasi 4 pilar MPR," ungkap Basarah.

Berkas jasa itu pula, Basarah menyebut Pak Taufiq Kiemas kemudian mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana yang disematkan pada 2011 oleh Pemerintah RI.

"Di luar itu semua, pak Taufiq Kiemas dikenal sebagai tokoh negarawan yang sangat dermawan. Teladan bagi semua pemimpin bangsa kita," tutup Basarah.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)