Berani Beda, Fashion Jalanan Remaja Citayam Diramal Berkembang

Senin, 18 Juli 2022 - 13:49 WIB
loading...
A A A
"Artinya, bahwa ekspresi-ekspresi seni budaya dalam melawan kemapanan itu sudah lama terjadi. Cuma memang tiap zaman dan tiap waktu ada bentuk dan ciri khasnya," ujarnya.

Baca juga: Beraksi di Citayam Fashion Week, Spesialis Penjambret ABG Diringkus Polisi

Tantan menilai apa yang dilakukan remaja Citayam merupakan sebuah alternatif gerakan sosial yang berbasis kreativitas serta kepercayaan diri untuk tampil di tengah keriuhan publik fashion. Lewat aksi fashion street, lanjut dia, remaja Citayam seperti ingin mengatakan kepada publik bahwa meskipun mereka ada di pinggiran namun juga bisa kreatif. Namun, ruang kreatif di pinggiran tersebut selama ini tidak termonitor.

Dia berharap pemerintah bisa merespons fenomena remaja Citayam jauh lebih positif, misalnya remaja itu diberikan fasilitas untuk bisa mengeskpresikan diri jauh lebih baik, diberikan pendidikan desain, diberikan pendidikan fashion supaya lebih fashionable tapi tetap berakarkter dan tidak melupakan aspek lokal.

Dari sudut pandangan psikologi, apa yang dilakukan remaja Citayam adalah hal positif untuk menaikkan rasa percaya diri sekaligus melatih remaja melakukan interaksi sosial. Psikolog anak dan remaja Sani Budiantini Hermawan mengatakan, pada fase remaja setiap anak memang memiliki cara sendiri untuk mengaktualisasikan dirinya.

Baca juga: Pakai Produk Lokal, Wagub DKI: Citayam Fashion Show Keren

Dalam fenomena remaja Citayam, Sani menilai mereka termasuk kelompok remaja yang memiliki minat yang sama untuk mengekspresikan diri melalui mode.

"Itu kegiatan yang positif karena dengan mengekspresikan diri, dia bisa merasa eksis. Dari sisi psikologis juga akan meningkatkan kepercayaan diri, belum lagi apabila memang dalam kelompok ini terjadi interaksi sosial dapat menambah tinggi keterampilan sosial mereka," ungkapnya saat dihubungi Minggu (17/7/2022).

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)