Merayakan Guru Besar di Indonesia

Senin, 04 April 2022 - 14:39 WIB
loading...
A A A
Pengetahuan yang diproduksi di kampus dan bagaimana ini bisa menyumbang masyarakat dan negara juga perlu dipikirkan ulang, bagaimana caranya berkomunikasi antara keduanya. Dengan dibacakannya pidato guru besar di publik, ini akan sedikit membantu melihat jurang itu kembali.

Banyak sekali riset dalam bidang sains dan humaniora yang perlu masyarakat dan negara pahami. Banyak pandangan umum yang mungkin perlu disinkronkan dengan perkembangan pengetahuan terkini.

Dalam urusan negara misalnya, praktek demokrasi, hak asasi manusia, keadilan gender, keragaman, budaya lokal, globalisasi, pasar bebas, perdamaian dan peperangan. Teknologi, informasi, kedokteran, kimia, fisika, dan teori-teori sains perlu mendapat perhatian.

Perguruan tinggi juga perlu mawas diri, sejauh mana kurikulum menyesuaikan dengan pasar nyata global. Perguruan tinggi juga perlu mendapatkan kritik dan masukan dari dunia nyata. Teori harus bersambung dengan dunia kerja, politik nyata, dan persaingan industri.

Dengan dibacakannya pidato guru besar tentang penelitian mereka, diharapkan tiga komponen utama (triple helix) bertemu dan berkomunikasi: kampus, masyarakat dan negara; akademik, industri, politik; serta pengetahuan, kebijakan, dan kesejahteraan.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)