Jejak Sekretaris MA Hasbi Hasan, Anak Pesantren yang Jadi Akademisi Tulen

Rabu, 23 Desember 2020 - 19:53 WIB
loading...
A A A
Lebih dari itu, Hasbi juga merupakan seorang intelektual. Hasbi tercatat pernah menerbitkan sedikitnya dua buku. Hasbi juga kerap menjadi pembicara seminar/dialog nasional yang diselenggarakan kementerian, lembaga, maupun universitas.

Dua buku yang dihasilkan dan diterbitkan Hasbi yakni Kompetensi Peradilan Agama dalam Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah (Gramata Publishing, 2010) dan Pemikiran dan Perkembangan Hukum Ekonomi Syariah di Dunia Islam Kontemporer (Gramata Publishing, 2011).

Hasbi juga menuangkan pemikirannya dan dimuat di sejumlah jurnal kementerian, lembaga, dan universitas bahkan tingkat internasional. Di antaranya berjudul Efektivitas Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Lembaga Perbankan Syariah (Jurnal Legislasi Indonesia, Oktober 2012), Islam, Negara Dan Hak-hak Minoritas Di Indonesia (Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 2012), dan Contemporary Issues Facing The Criminalization of Polygamy (Jurnal Ahkam UIN Syarif Hidayatullah, Juli 2012).

Berikutnya Penerapan Keadilan Restoratif dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia (Jurnal Hukum dan Peradilan, Juli 2013), Mekanisme Penyelesaian Sengketa Internal PPP Pasca Reformasi yang ditulis bersama Afri Leonardo dan Tasween (Jurnal Penelitian Hukum Legalitas, Juni 2016), dan Minus Margin Agreements as a Violation of Business in Business Competition in Indonesia (European Research Studies Journal, Juli 2017).

Buku dan beberapa karya ilmiah pada berbagai jurnal yang ditulis Hasbi Hasan bisa dilihat juga di laman scholar google dan onesearch.id. Di laman scholar google, tercantum sejak 2015 hingga kini karya-karya Hasbi sudah 153 kali dikutip. Hasbi memperoleh indeks-h: 5 dan indeks-i10: 3.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)