Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel

Jum'at, 26 April 2024 - 14:32 WIB
loading...
Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel
Waka BRIN, Prof Amarulla Octavian melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika di Surabaya pada Kamis 26 April 2024. Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Waka BRIN), Prof Amarulla Octavian melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika di Surabaya pada Kamis 26 April 2024. Kedatangan Waka BRIN didampingi para Deputi, Direktur, dan periset BRIN .

Kunjungan kerja bertujuan memeriksa berbagai infrastruktur meliputi laboratorium, fasilitas, dan instrumen riset-riset teknologi kelautan.

Baca juga: Inspeksi Riset Teknologi Green Fuel Synthetic, Waka BRIN: Terbukti Bisa Gantikan BBM

Kunjungan kerja juga ditujukan untuk memantau kemajuan proses beberapa riset yang sudah berjalan selama ini (regular research) dan riset baru memenuhi kebutuhan dunia industri dan kebutuhan masyarakat. Hasil riset merupakan inovasi teknologi mendukung Program Prioritas Nasional memgoptimalkan blue economy.

Inovasi BRIN telah berhasil membuat prototype skala industri Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut dan Gelombang.

Sebelumnya telah berhasil uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut menghasilkan listrik 2 X 50 kW. Prototype terbaru sudah dimodifikasi berupa kombinasi tenaga listrik yang dihasilkan arus laut dan gelombang.

Teknologi baru ini sangat mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di pulau-pulau kecil dan/atau di wilayah terpencil. Inovasi BRIN selanjutnya adalah desain Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel (MDSV) berukuran panjang 110 m, lebar 36 m, dan draft 7 m.

Dengan bentuk lunas catamaran, kapal ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan desain sebelumnya. Kapal ini mampu melakukan berbagai fungsi, utamanya decommissioning offshore platform (Anjungan Lepas Pantai), instalasi platform dan kabel/pipa bawah laut, maintenance, drilling, dan salvation.

Kapal ini sangat tepat untuk eksplorasi minyak, gas, dan mineral laut lainnya. Kapal ini juga sangat dibutuhkan Tim Penyelaman Kerja Bawah Air dan Tim SAR laut.

Prof Amarulla Octavian memberikan penekanan untuk desain yang lebih canggih berfokus pada kelengkapan beberapa teknologi kunci, seperti Dynamic Positioning System dan Automatic Ballast Water Control System.



BRIN sangat berkepentingan mendorong para periset untuk menjadi inovator teknologi kelautan. Laut adalah masa depan Bangsa Indonesia. Laut adalah sumber daya pangan sekaligus sumber daya energi untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)