Indikator Politik Beri Tiga Catatan Pelaksanaan Pilkada 2020

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:06 WIB
loading...
A A A
PDI Perjuangan sendiri, lanjutnya, terus menerus menjalankan kaderisasi partai dan memperkuat mekanisme kelembagaan demokrasi melalui proses penjaringan dan penyaringan calon dari bawah. Kemudian PDI Perjuangan juga melakukan pemetaan politik, survei, dan pertimbangan politik idoelogis strategis.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa skenario pilkada tetap dilaksanakan pada Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19, bukan pada 2021. Sebab, tidak ada jaminan juga bahwa pandemi Corona akan selesai pada 2021. Di saat yang sama, tata pemerintahan harus terus berjalan.

Tito menjelaskan bahwa adaptasi kebiasaan baru (AKB) harus berjalan di semua sektor kehidupan, termasuk di bidang politik. Apalagi ada contoh dari sejumlah negara yang sukses melaksanakan pilkada di tengah pandemi. Pilkada tahun ini pun merupakan momentum untuk menekan kurva positif rate dan penyebaran. Pilkada juga bisa menyelamatkan ekonomi.

"Dan lebih-lebih, pilkada di masa pandemi ini dapat melahirkan pemimpin yang kuat, tangguh, dan bisa memberikan solusi di tengah krisis. Karena pemimpin yang kuat adalah pemimpin yang bukan lahir di masa damai, di masa aman. Lahir di masa krisis, dia lah seorang pemimpin yang kuat," tegas Tito.
(nbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)