Pola Belanja Milenial

Senin, 11 Desember 2023 - 08:55 WIB
loading...
A A A
Kendati potensi kesuksesan besar ada di tangan mereka, namun tantangan besar juga muncul dari sifat dinamis dan risiko yang melekat dalam dunia ekonomi kreatif dan investasi keuangan yang banyak digeluti para milenial. Perubahan tren konsumen, evolusi teknologi, dan persaingan yang ketat dapat menjadikan kenaikan pendapatan yang cepat tersebut dapat mengalami penurunan drastis dalam waktu singkat.

Terlebih, aspek keuangan seperti investasi juga sangat rentan terhadap berbagai tantangan eksternal. Fluktuasi pasar saham, perubahan regulasi, atau bahkan krisis ekonomi dapat memberikan dampak serius pada portofolio investasi, mempengaruhi secara langsung pendapatan dan kekayaan milenial.

Begitu juga keberlangsungan usaha yang dibangun oleh generasi milenial pun masih menghadapi berbagai hambatan yang signifikan, terutama terkait dengan keterbatasan dalam melakukan riset pasar dan permodalan yang terbatas. Salah satu faktor krusial yang berdampak pada keberlangsungan usaha mereka adalah kurangnya fokus pada market research atau riset pasar yang memadai.

Riset pasar yang lemah menjadikan para pengusaha muda kesulitan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial mereka. Alhasil, tak sedikit produk atau layanan yang ditawarkan mungkin tidak sesuai dengan permintaan pasar sehingga menyebabkan penurunan minat konsumen dan kesulitan dalam mempertahankan pangsa pasar.

Selain itu, keterbatasan permodalan juga menjadi hambatan serius bagi keberlangsungan usaha milenial. Sebagian besar pengusaha muda memiliki ide yang inovatif namun terbentur kendala permodalan yang dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangan usaha mereka. Keterbatasan akses ke sumber daya keuangan dapat membatasi investasi dalam pemasaran, pengembangan produk, dan pengembangan pasar, sehingga menghambat potensi pertumbuhan yang lebih besar.

Berdasarkan pada berbagai tantangan yang kerap dihadapi para milenial dalam kegiatan usahanya, maka bukan hal mustahil bila dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh generasi milenial seringkali terlihat bahwa nilai transaksi yang dihasilkan masih berada pada tingkat yang relatif rendah.

Berkaca pada Data Supplier Pekerjaan Kontraktual & Non-Kontraktual TA 2020-2022 menunjukkan bahwa meskipun kategori UMKM memiliki proporsi relatif besar terhadap jumlah supplier (25%) dan jumlah transaksi (14%), namun memiliki proporsi nilai transaksi yang masih sangat kecil (1%). Hal tersebut memperlihatkan bahwa terdapat kemungkinan supplier dengan kategori UMKM tersebut masih memiliki keterbatasan kapasitas sehingga akhirnya membatasi nilai transaksi mereka.

Kolaborasi adalah Kunci


Kerja sama dan kolaborasi antara pengusaha muda dapat menjadi kunci sukses dalam menavigasi tantangan yang dihadapi oleh usaha para milenial. Keberhasilan di era bisnis modern tidak lagi hanya bergantung pada persaingan, tetapi juga pada kemampuan untuk berkolaborasi dan saling mendukung.

Kolaborasi tersebut bukan hanya dapat menurunkan risiko usaha, tetapi juga membuka pintu bagi peningkatan perbaikan jaringan pasar dan input produksi. Selain itu, kolaborasi juga memungkinkan adanya pertukaran ide dan sumber daya.

Pengusaha muda dapat saling belajar dari keahlian masing-masing, meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan. Begitu juga dalam hal input produksi, seperti permodalan dan tenaga kerja, kerjasama antar pengusaha muda dapat memberikan akses yang lebih besar dan terdiversifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)