Ancaman Lingkungan dalam Pembangunan

Senin, 06 November 2023 - 11:42 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, mitigasi dapat mencakup investasi dalam energi terbarukan, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan pelestarian hutan sebagai penyerap karbon alam.

Di sisi lain, kolaborasi dengan negara-negara lain dan lembaga internasional dalam upaya mitigasi perubahan iklim juga perlu terus didorong guna membantu mengurangi beban APBN Indonesia. Selain itu, pemulihan ekonomi hijau, yang mendorong pertumbuhan sektor-sektor berkelanjutan seperti energi terbarukan dan pariwisata ramah lingkungan pun dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim pada fiskal negara.

Pada situasi yang kian mendesak, kolaborasi internasional dan dukungan untuk inovasi teknologi menjadi kunci untuk menghadapi dampak perubahan iklim. Melalui langkah-langkah proaktif dan kerja sama yang solid, Indonesia dapat mengurangi beban APBN yang disebabkan oleh perubahan iklim, seiring dengan upaya memperkuat ketahanan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

Demi hasil yang optimal, hal ini sangat memerlukan komitmen bersama dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk menciptakan masa depan yang lebih tahan terhadap perubahan iklim, menjaga ketahanan pangan, dan melestarikan sumber daya alam bagi generasi mendatang untuk kesejahteraan bangsa. Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)