20 Kota Terluas di Indonesia, Ada Batam dan Padang di 5 Besar

Minggu, 02 Juli 2023 - 05:39 WIB
loading...
A A A
Palembang adalah kota tertua di Indonesia berumur berkisar 1.337 tahun jika dilihat dari prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit.

18. Palu

Dikutip dari laman palukota.go.id, Kota Palu merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah yang terletak pada kawasan dataran lembah Palu dan Teluk Palu. Wilayahnya terdiri dari lima dimensi yaitu wilayah pegunungan, lembah, sungai, teluk dan lautan.

Secara astronomis, Kota Palu berada antara 0°,36”-0°,56” Lintang Selatan dan 119°,45” – 121°,1” Bujur Timur. Luas wilayah Kota Palu mencapai 395 Km persegi yang terbagi menjadi delapan kecamatan.

Kota Palu sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Donggala; sebeleh Selatan berbatasan dengan Kabupaten Sigi; sebeleh Barat berbatasa dengan Kabupaten Donggala; dan sebelah Timur berbatasa dengan Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong.

19. Sungai Penuh

Kota dengan luas wilayah terluas ke-19 di Indonesia adalah Sungai Penuh, salah satu kota yang terletak di Provinsi Jambi.

Perbatasan Kota Sungai Penuh dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Kerinci. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Siulak, Kecamatan Depati Tujuh dan Kecamatan Air Hangat Timur. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Keliling Danau, sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Air Hangat Timur dan Kecamatan Sitinjau Laut, serta sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Kota Sungai memiliki luas wilayah sekitar 391 Km persegi yang terdiri atas lima kecamatan. Pembentukan kota ini berdasarkan UU RI Nomor 25 Tahun 2008. Kota Sungai Penuh merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci dan peresmiannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada 8 Oktober 2009.

20. Kota Semarang

Kota terluas ke-20 di Indonesia adalah Semarang. Dikutip dari laman semarangkota.go.id, secara geografis Semarang terletak antara 6 50’ – 7 10’ Lintang Selatan dan garis 109 35’ – 110 50’ Bujur Timur.

Kota Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah sekitar 373 Km persegi, terdiri dari 16 kecamatan dan 117 kelurahan.

Kota Semarang dikenal sebagai kota perdagangan dan kota wisata di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dipengaruhi dari dominasi sektor perdagangan, hotel, dan restoran dan industri pengelolaan di Kota Semarang.

Kota Semarang sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Demak, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kendal, dan sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Semarang.

MG/Shavna Dewati Setiawan
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)