Tak Sekadar Berkonsep Hijau, Kota Layak Huni Harus Inklusif

Minggu, 19 November 2023 - 20:57 WIB
loading...
Tak Sekadar Berkonsep Hijau, Kota Layak Huni Harus Inklusif
Salah satu kawasan Kota Deltamas di Cikarang, Jawa Barat yang mengadopsi konsep Smart City dalam rangka menghadirkan kota layak huni. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Tiga tahun pandemi Covid-19 menjadi pengalaman berharga bagi terciptanya sebuah kota layak huni . Penyebaran Covid-19 yang masif diduga salah satunya akibat aktivitas masyarakat yang kurang memenuhi prosedur pencegahan yang sudah ditetapkan pemerintah.

baca juga: Kota Eropa Ini Jadi Kota Paling Layak Huni di Dunia

Pandemi Covid-19 juga menyadarkan pentingnya mengembangkan fasilitas ruang terbuka untuk bersosialisasi Di kota-kota yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, masyarakat bergantung pada ruang publik untuk bersantai, berolahraga, dan berinteraksi dengan orang lain.

Terbatasnya lahan di perkotaan membuat masyarakat kini menaruh harapan kepada kota-kota mandiri baru yang dikembangkan swasta. Alasannya, kota-kota mandiri baru atau yang populer disebut township itu menghadirkan beragam fitur yang sesuai dengan syarat kota layak huni atau livable city.

“Selain fasilitas seperti pendidikan, kesehatan, rekreasi, dan perkantoran, livable city juga harus memenuhi syarat sustainability atau keberlanjutan dan inklusif,” tegas Pengamat Perkotaan F. Rach Suherman kepada SINDOnews,Sabtu (18/11/2023).

Livable city atau kota layak huni harus inklusif, lantaran sebuah kota harus mengakomodir kebutuhan hidup seluruh lapisan masyarakat. Tak sekadar kelas menengah atas saja, tetapi juga kalangan masyarakat bawah. “Seluruh fasilitas yang tersedia harus bisa diakses oleh seluruh strata masyarakat. Itu salah satu kaidah dalam livable city,” papar Suherman.

Sejumlah kota baru kini banyak dikembangkan. Tak sekadar di pulau Jawa, tetapi di pulau-pulau lainnya. Dia ambil contoh di kawasan Serpong, Tangerang, Banten. Kota mandiri BSD City dinilai menjadi salah satu ikon livable city di Tanah Air.

Di kawasan ini, beragam fasilitas penunjang sebuah kota dengan predikat livable city dikembangkan. Mulai dari fasilitas pendidikan, pusat gaya hidup, tempat ibadah, rekreasi, sarana kesehatan, hingga sarana kesehatan dan perkantoran.

Kawasan ini dikembangkan sejak 1989 silam. Dengan konsep dan perencanaan yang matang, BSD City disebut sebagai salah satu kota mandiri yang sukses dalam menghadirkan kota layak huni.

Di kota mandiri ini, perencanaan kota, perencanaan infrastruktur, dan fasilitas dilakukan sebelum kota itu dikembangkan. Ruang hijau, ruang publik, hunian dengan taman menjadi bagian dari yang tak terpisahkan seluruh pembangunan. Transforma si kawasan yang dikembangkan Sinar Mas Land itu menghasilkan kota yang benar-benar layak huni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)