Pengamat Sebut Bangun 40 Kota Selevel Jakarta Perlu Sejumlah Elemen, Ini Rinciannya

Sabtu, 23 Desember 2023 - 21:12 WIB
loading...
Pengamat Sebut Bangun 40 Kota Selevel Jakarta Perlu Sejumlah Elemen, Ini Rinciannya
Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna menjelaskan, membangun 40 kota seperti atau setara Jakarta bukan perkara mudah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cawapres dari paslon nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin , menyatakan akan membangn 40 kota baru selevel Jakarta. Hal ini dikatakan Cak Imin dalam panggung debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023).

"Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta," kata Cak Imin.

Cak Imin menyatakan, pembangunan kota harus dibikin merata di seluruh Indonesia dan tidak harus berpusat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lalu apakah membangun 40 kita selevel Jakarta itu mungkin dilakukan?



Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna menjelaskan, membangun 40 kota seperti atau setara Jakarta bukan perkara mudah.

"Diperlukan Key Performance Indicator (KPI) dari apa yang dimiliki Jakarta. Tentukan dulu apa yang mau ditiru dari Jakarta," kata Yayat, Sabtu (23/12/2023).

Dia menerangkan, Jakarta itu lengkap punya transportasi massal yang sudah terintegrasi, punya pelabuhan, dan dekat dengan bandara sehingga punya basis ekonomi kuat.

"Jadi kalau mau bikin 40 kota seperti Jakarta ya harus punya juga mesin penggerak untuk meningkatkan ekonominya," tegas dia.

Yayat memaparkan, sebenarnya kalau bicara pemerataan pembangunan harusnya melakukan redistribusi fungsi yakni dengan membagi fungsi DKI Jakarta dengan kota lain biar tidak terlalu padat atau "obesitas."

"Contohnya, Jakarta membagi pusat pemerintahan ke IKN, pendidikan bisa ke Depok, ekonomi kreatif bisa ke Bandung, industri ke Bekasi seperti Cikarang dan Karawang, sehingga ekonomi bisa tumbuh kembang setara dengan Jakarta," urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)