20 Kota Terluas di Indonesia, Ada Batam dan Padang di 5 Besar

Minggu, 02 Juli 2023 - 05:39 WIB
loading...
20 Kota Terluas di Indonesia, Ada Batam dan Padang di 5 Besar
Batam masuk lima besar daftar 20 kota terluas di Indonesia. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia termasuk negara besar dengan bentang wilayah yang luas dari Sabang hingga Merauke. Dengan wilayah yang luas, maka banyak kota di Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi.


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 terdapat 98 kota di Indonesia. Dua provinsi dengan jumlah kota terbesar, yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan Sulawesi Barat menjadi satu-satunya provinsi yang tidak punya kota.

Dari 98 kota yang tersebar di seluruh Indonesia, beberapa kota memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Berikut 20 kota di Indonesia dengan wilayah terluas.

1. Palangkaraya

Kota dengan wilayah terluas pertama adalah Palangkaraya. Dikutip dari laman palangkaraya.go.id, Kota Palangkaraya secara geografis terletak pada 113Ëš30`- 114Ëš07` Bujur Timur dan 1Ëš35`- 2Ëš24` LintangSelatan, dengan luas wilayah 2.853 Km persegi.

Topografi Palangkaraya terdiri dari tanah datar dan berbukit dengan kemiringan kurang dari 40%. Wilayah administrasi Kota Palangkaraya terdiri atas lima wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Pahandut, Sabangau, Jekan Raya, Bukit Batu, dan Rakumpit, serta terdiri dari 30 kelurahan.



Palangkaraya merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang berlokasi di antara Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulau Pisang, dan Kabupaten Katingan. Palangkaraya secara resmi dibangun pada tahun 1957 sekaligus terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah. Lalu diresmikan pada tanggal 23 Mei 1957 berlandaskan Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah.

Peresmian Kota Palangkaraya menjadi pusat pemerintahan daerah Provinsi Kalimantan Tengah ditetapkan pada tahun 1958 dengan berlakunya UU Nomor 27 Tahun 1959 dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor Des. 52/12/2-206.

2. Kota Dumai

Kota Dumai terletak di Provinsi Riau. Kota Dumai memiliki luas wilayah 1.727 Km persegi yang terbagi ke dalam tujuh kecamatan dan 33 kelurahan. Dikutip dari laman dumaikota.go.id, Kota Dumai berdasarkan aspek administratif mencakup wilayah daratan seluas ± 204.674 ha, dan wilayah perairan seluas ± 71.393 ha.

Dumai terletak di pesisir Pantai Timur Sumatera menghadap ke arah Selat Malaka. Kota ini menjadi salah satu lintas pelayaran tersibuk di dunia dan merupakan wilayah hinterland dalam kawasan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT). Kondisi ini menjadikan Kota Dumai strategis secara perekonomian dan berada pada jalur lintas perdagangan dunia.



Sejarah awal Dumai merupakan sebuah dusun kecil yang dihuni para nelayan. Selanjutnya berkembang menjadi sebuah desa. Pada tahun 1959 status Pemerintah Dumai ditingkatkan menjadi sebuah kecamatan yang berada di bawah Kabupaten Bengkalis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)