20 Kota Terluas di Indonesia, Ada Batam dan Padang di 5 Besar

Minggu, 02 Juli 2023 - 05:39 WIB
loading...
A A A
Untuk lebih terciptanya tertib pemerintahan dan pembinaan wilayah yang cukup luas, maka dibentuk Kecamatan Baru dengan Perda Kota Pekanbaru Nomor 4 Tahun 2003, sehingga Pekanbaru menjadi 12 Kecamatan dan 58 Kelurahan/Desa.

12. Singkawang

Singkawang berlokasi di Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan data BPS Kota Singkawang, luas wilayah kota ini mencapai 504 Km persegi. Kota Singkawang mulanya dipecah dari Kabupaten Sambas yang terbentuk pada tanggal 21 Juni 2001 melalui UU Nomor 12 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Singkawang.

Wilayah Kota Singkawang berbatasan dengan Kabupaten Sambas di sebelah Utara, Kabupaten Bengkayang di sebelah Selatan dan Timur, serta Laut Natuna di sebelah Barat. Singkawang terdiri atas lima kecamatan, yakni Kecamatan Singkawang Utara, Singkawang Barat, Singkawang Tengah, Singkawang Timur, dan Singkawang Selatan.

13. Balikpapan

Kota Balikpapan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan laman balikpapan.go.id, Kota Balikpapan secara astronomis terletak di antara 1,0 LS - 1,5 LS dan 116,5BT - 117,0 dengan luas wilayah 503 Km persegi. Secara administratif, sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 1996, Kota Balikpapan awalmnya terdiri atas lima kecamatan dan 27 kelurahan.

Pada tahun 2012 terjadi perubahan Perda Kota Balikpapan Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pembentukan Tujuh Kelurahan Dalam Wilayah Kota Balikpapan, dan Perda Kota Balikpapan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kecamatan Balikpapan Kota Dalam Wilayah Kota Balikpapan Balikpapan, yang terdiri dari enam kecamatan dan 34 kelurahan.

14. Bontang

Bontang merupakan salah kota di Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan data BPS Kota Bontang, secara astronomis kota ini berada di antara 117°23’ - 117°38’ Bujur Timur, dan 0°01’ - 0°12’ Lintang Utara.

Luas wilayah Kota Bontang mencapai 497 Km persegi yang terbagi menjadi tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bontang Selatan, Kecamatan Bontang Utara, dan Kecamatan Bontang Barat.

Kota Bontang sebelah Utara dan Barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur, sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makassar, dan sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mulanya, Kota Bontang berasal dari sebuah perkampungan kecil yang berlokasi pada daerah aliran sungai dan berkembang di bawah pimpinan dari Tetua Adat hingga menjadi sebuah desa.

Kemudian, Bontang menjadi sebuah kecamatan. Bontang saat itu ditetapkan sebagai ibu kota kecamatan yang disebut dengan onder distrik van Bontang, dipimpin oleh Asisten Wedana di bawah naungan tata pemerintahan swapraja Kesultanan Kutai Kartanegara.

Melalui PP Nomor 22 Tahun 1988, Kecamatan Bontang kemudian disetujui menjadi Kota Administratif dan diresmikan pada 1990 dengan membawahi Kecamatan Bontang Utara (terdiri dari Bontang Baru, Bontang Kuala, Belimbing, Lok Tuan) dan Selatan (Sekambing, Berbas Pantai, Berbas Tengah, Satimpo, dan Tanjung Laut).

15. Prabumulih

Dikutip dari laman kotaprabumulih.go.id, secara geografis Kota Prabumulih memiliki luas wilayah mencapai 434 Km persegi. Kota Prabumulih terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Sebagian besar keadaan tanah Kota Prabumulih berasal dari jenis tanah Potsolik Merah Kuning dengan derajat kemiringan tanah Kota Prabumulih antara 0 – 40 % pada ketinggian antara ±34 meter dari permukaan laut.

Kota Administratif Prabumulih termasuk bagian dari Kabupaten Muara Enim yang pada awalnya terdiri dari Kecamatan Prabumulih Barat dengan 6 kelurahan/desa, dan Kecamatan Prabumulih Timur dengan 6 kelurahan 1 desa.

16. Lubuklinggau

Lubuklinggau berlokasi di Sumatera Selatan. Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2001, luas wilayah Lubuklinggau mencapai 401 Km persegi yang berada pada ketinggian 129 meter di atas permukaan laut.

Secara administratif, Kota Lubuklinggau sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan BKL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas; sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Tugu Mulyo dan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas; sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas dan Provinsi Bengkulu; serta sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

17. Palembang

Berdasarkan PP Nomor 23 Tahun 1988, luas wilayah Kota Palembang mencapi 400 Km persegi. Wilayah Kota Palembang Bagian Utara, Timur, Barat berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin, serta Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Ilir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)