Uji Nyali Erick Thohir Benahi PSSI

Selasa, 17 Januari 2023 - 12:49 WIB
Erick juga sedang tidak bermaksud mengubur harapan sejumlah pihak yang memintanya maju dalam Pilpres 2024. Namun lebih sebagai panggilan hati. Apalagi saat ini, dirinya merupakan sosok yang jadi tumpuan asa dari publik sepak bola Indonesia.

Erick tak sampai hati membiarkan krisis yang terjadi dalam sepakbola yang ia cintai. Karena itu, dia bersedia dan merasa punya nyali menjadi bagian dari suksesi sepak bola.

Mendiang Kyai Syukri, mantan pimpinan Ponpes Gontor pernah berujar, sumber kelemahan mental siapapun dalam hidup adalah nyali atau keberanian. Menurut dia, seseorang bisa bernyali karena menguasai masalah.

Dalam konteks ini, keberanian Erick Thohir memang berdasar. Pertama, karena Erick Thohir pernah beberapa kali hadir untuk menyelematkan sejumlah klub sepakbola. Inter Milan dan DC United buktinya.

Saat Erick Thohir datang, keduanya sedang mengalami krisis keuangan, bahkan nyaris kolaps. Pembelian saham oleh Erick Thohir mampu menyelamatkan kedua klub tersebut. Setelah dibeli, Inter Milan mampu bangkit dan tak lama kemudian menjadi juara. Sementara DC United bisa membangun stadion baru dan membeli beberapa pemain hebat.

Kedua, selama di BUMN Erick Thohir terbukti mampu membawa semangat dan perubahan besar, sehingga terjadi transformasi besar-besaran di tubuh BUMN. Erick berhasil melakukan restrukturisasi dan penguatan sumber daya manusia, sehingga di eranya BUMN menjadi untung, bukan buntung.

Dari pengalaman dan keberanian yang dimiliki Erick Thohir tersebut, maka wajar jika publik sepakbola kita saat ini banyak bertumpu kepadanya, meski tetap tidak tahu akan seperti apa.

Karena, sepakbola tetap sepakbola punya petitih lama yang selalu menyimpan misteri, ‘bahwa bola itu bundar’. Dalam sepakbola siapa pun bisa kalah dan menang, bisa sukses bisa pula gagal. Seperti Maroko yang tetiba bisa mengandaskan 3 raksasa Eropa di Piala Dunia kemarin.

Paling-paling kita bisa meraba, salah satunya dari salah satu pernyataannya soal kesedian menahkodai PSSI ke depan. Bahwa pertama, kata dia, dirinya akan melakukan ‘bongkar total’ induk sepakbola di Indonesia ini. Tentu saja kata bongkar yang dimaksud adalah semacam pembenahan besar PSSI dari segala aspek.

Mulai dari kultur, manajemen (tata kelola), sponsorship, maupun media. Pihak-pihak tersebut adalah faktor penting bagi Erick Thohir. Namun Erick Thohir juga tak menampik, jika perubahan dari sisi mental adalah hal penting. Bahkan Erick menyebut harus dikedepankan dibanding yang lain.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More