Demokrasi dalam Ancaman Para Buzzer

Sabtu, 27 Februari 2021 - 14:10 WIB
(Baca: Darurat Buzzer)

Penggunaan buzzer diakui atau tidak membuat beragam masalah yang mereduksi fungsi kontrol masyarakat menjadi tidak jelas. Ada pengaburan-pengaburan fakta dan berpotensi mematikan kritik-kritik yang konstruktif. Kekuatan Buzzer menggiring opini seperti menyebarluaskan propaganda hingga bias informasi. Seluruh informasi sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat.

Kritik di alam demokrasi adalah keniscayaan agar terciptanya check and balances. Namun yang terjadi, para buzzer justru tampil sebagai pembungkam kritik. Mereka bekerja pada siapa yang membayar, pada siapa yang berkepentingan. Tidak peduli kepada akal sehat dan nurani serta fakta-fakta yang terjadi.

Tampilnya para Buzzer telah memberikan dampak buruk terhadap iklim demokrasi di Indonesia, memecah belah persatuan, merusak akal sehat dan menjadikan siapapun yang tidak sepaham dengan mereka sebagai sasaran cemoohan dan fitnahan yang sangat keji bahkan sudah tidak lagi menghargai moralitas dan etika sebagai manusia.

Bahkan agamapun dihina-hina. Ini harus dihentikan. Para buzzer harus ditiadakan dari republik ini. Jangan lagi memelihara hal-hal yang membuat bangsa ini tercabik-cabik persatuannya, tercabik-cabik kebhinekaannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(muh)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More