Kunjungan ke Vatikan: Mememupuk Persaudaraan Antarumat

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Dalam delegasi Kementrian Agama Dirjend Plt Albertus Magnus Aridyanto Sumardjono berdoa dengan khusuk dengan cara Katolik. Paus memberkati dengan mengelus kepalanya. Kita rombongan delegasi yang beragama Islam menyaksikan kekhusukan ini.

Bagi Muslim, upacara di lapangan Santo Petrus bisa diihat seperti kita melaksanakan pengajian akbar. Bahkan, dalam iman kita sebagai Muslim, gereja Basilika bak masjid Haram di Makkah. Keduanya adalah simbol bagaimana agama Islam dan Katolik bermula dan berjuang menghadapi kekuatan duniawi, sedangkan agama menawarkan obat ruhani.

Kehadiran delegasi Kementerian Agama ke Vatikan perlu diperdalam dan direnungi kembali tentang pentingnya memupuk persaudaraan antariman. Persaudaraan Muslim dan Katolik adalah simbol dari persaudaraan-persaudaraan yang lain yang bisa disubukan.

UIN Sunan Kalijaga sendiri sebagai kampus dan rumah nyaman bagi semua iman dan budaya berusaha untuk menyumbang gelar kehormatan untuk Vatikan dan pemimpin Agama Islam di Indonesia. Kunjungan ke Vatikan yang sebentar itu akan terasa bermakna jika ditindaklanjuti.

Gelar kehormatan akademis dari kampus UIN Sunan Kalijaga akan mempererat itu, disamping juga langkah politik dari pemimpin bangsa kita. Persahabatan harus dilakukan oleh masyarakat sipil, akademisi, dan juga pemimpin politik. Jika elemen-elemen itu bekerjasama akan tercipta pupuk yang indah untuk persaudaraan antariman.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)