Satgas Covid-19 Keluarkan 17 Aturan Perjalanan Internasional dan Dalam Negeri Sepanjang 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:58 WIB
loading...
Satgas Covid-19 Keluarkan 17 Aturan Perjalanan Internasional dan Dalam Negeri Sepanjang 2021
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Satgas telah mengeluarkan sebanyak 17 aturan perjalanan untuk mencegah penularan Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Satgas telah mengeluarkan sebanyak 17 aturan perjalanan untuk mencegah penularan Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini. Dengan rincian 6 Surat Edaran (SE) perjalanan internasional dan 11 SE perjalanan dalam negeri dalam rangka menekan mobilitas.

“Sepanjang tahun ini terdapat 6 Surat Edaran Satgas yang mengatur perjalanan internasional dan ada 11 yang mengatur pengetatan perjalanan dalam negeri, termasuk peniadaan mudik,” ujar Wiku dalam Konferensi Pers secara virtual, Selasa (26/10/2021).

Selain penyusunan dan pemantauan kebijakan, Wiku mengatakan bahwa Satgas juga melakukan upaya penanganan Covid-19 antara lain adalah pemantauan terhadap perubahan perilaku masyarakat yaitu menjaga jarak dan memakai masker, kemudian pembentukan posko di desa, atau kelurahan di seluruh Indonesia yang juga terus dipantau dan digiatkan.

“Kemudian penyediaan fasilitas isolasi terpusat dan yang terakhir distribusi masker sebagai upaya pencegahan,” paparnya.

Setiap bidang yang ada di bawah Satgas ini, kata Wiku, menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dari bidang data IT, penyediaan sistem satu data lawan Covid yang mencakup zonasi risiko, monitoring perubahan perilaku pelaksanaan PPKM mikro desa, dan kelurahan.

“Satgas terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga di tingkat pusat maupun di daerah di seluruh Indonesia untuk memastikan pengendalian dilakukan secara terkoordinir dan terstruktur,” kata Wiku.

Wiku menambahkan cakupan vaksinasi juga harus terus dikejar meski kasus Covid-19 mulai membaik. “Meskipun saat ini kondisi kasus di Indonesia sudah membaik, masih ada tugas besar yang harus kita perjuangkan yaitu peningkatan cakupan vaksinasi, seperti tadi disampaikan oleh Menteri Kesehatan.”

“Dan untuk itu kita semuanya harus bisa menangani dengan baik dan kondisi pandemi di Indonesia saat ini mengalami perbaikan dan harus terus dijaga dan jangan sampai kita terjadi lonjakan kasus terutama seperti negara-negara lainnya. Untuk itu diperlukan kerja sama seluruh pihak sehingga kita dapat mengendalikan kasus dengan baik,” tambah Wiku.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)