Bencana Tanah Longsor Paling Dominan di Tahun 2024

Selasa, 30 April 2024 - 09:47 WIB
loading...
Bencana Tanah Longsor Paling Dominan di Tahun 2024
Bencana tanah longsor melanda Pesisir Selatan dengan korban 28 orang meninggal, kemudian di Tana Toraja 20 orang meninggal, serta di Garut sebanyak 3 orang meninggal dunia. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bencana tanah longsor paling dominan di tahun 2024. Akibat tanah longsor, puluhan orang meninggal dunia.

“Tanah longsor ini sangat-sangat signifikan. Kita tahu di Pesisir Selatan sebelumnya ada 28 orang meninggal, kemudian di Tana Toraja ada 20 orang meninggal, terakhir Minggu lalu Garut juga ada 3 orang meninggal,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, Selasa (30/4/2024).



Sedangkan, dalam 3 minggu terakhir bencana yang cukup signifikan yakni bencana geologi dan vulkanologi di antaranya erupsi Gunung Ruang dan Marapi.

Menurut Aam, panggilan akrab Abdul Muhari, gempa bumi di Garut juga harus diwaspadai bencana susulan yakni longsoran akibat cuaca ekstrem karena adanya rekahan tanah.

“Tiga hari lalu tepatnya di hari Sabtu ada gempa Garut cukup signifikan tetapi sebelumnya yang juga harus kita waspadai Garut ini sebelum gempa satu minggu sebelumnya juga mengalami longsor yang menyebabkan 3 orang meninggal dunia,” katanya.

“Jadi perlu sangat penting untuk diperhatikan bahwa guncangan gempa itu mungkin saja membuat rekahan-rekahan di perbukitan yang juga berpotensi kalau ada turun hujan mengalami longsor susulan,” sambungnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)