Saran Epidemiolog Cegah Lonjakan Covid-19 saat Libur Nataru

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:14 WIB
loading...
Saran Epidemiolog Cegah Lonjakan Covid-19 saat Libur Nataru
Hal ini dalam upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) sekaligus Epidemiolog, Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati, dan perlu dilakukan sebelum wabah besar kembali terjadi. Hal itu disampaikan dalam upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Protokol kesehatan adalah kunci dalam pencegahan Covid-19. Dengan melakukan protokol kesehatan yang tidak setengah-setengah, artinya dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, maka upaya pencegahan Covid-19 dapat berjalan dengan efektif. Walaupun tidak 100 persen, tetapi protokol kesehatan tersebut dapat menghindari peningkatan kasus Covid-19 dengan baik," kata Dr Miko dalam keterangannya dikutip, Kamis (21/12/2023).

Miko menyebut untuk mengurangi kemungkinan penularan kasus di masyarakat, menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan suatu keharusan, baik di tempat pariwisata, penginapan, restoran, atau tempat umum lainnya.



Dia menekankan, bahwa kebijakan dan protokol kesehatan di tempat umum merupakan peraturan pemerintah yang harus dilaksanakan dan ada hukuman yang berarti bagi pelanggarnya. Selain itu, masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 seperti batuk, sesak napas, pilek, dan demam apalagi disertai batuk dianjurkan untuk tidak berkerumun dan tidak memaksakan diri untuk bepergian.

"Mengingat saat ini sedang memasuki musim hujan yang kerap menimbulkan penyakit seperti flu dan batuk yang mirip dengan gejala Covid-19, masyarakat perlu lebih jeli dan proaktif melakukan pemeriksaan," ujarnya.

"Penyakit influensa atau batuk pilek yang disebabkan oleh virus influenzae A dan B serta oleh mikroogranisme lainnya sulit dibedakan dengan infeksi virus Covid-19. Pemeriksaan khusus untuk Covid-19, virus influenzae, atau mikroorganisme lainnya diperlukan untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari gejala-gejala tersebut," imbuhnya.

Miko menilai transportasi yang paling aman digunakan saat ini adalah pesawat terbang, disusul kereta api antarprovinsi, kemudian bus dan semua angkutan yang ketat dalam memberlakukan peraturan. Penting juga untuk memilih hotel atau akomodasi yang memberlakukan protokol kesehatan.

“Tetapi kebijakan pakai masker sekarang jarang dilakukan oleh masyarakat di semua tempat dan di semua angkutan. Oleh karena itu, Pemerintah harus menggaungkan lagi protokol kesehatan secara cermat dan adekuat agar transmisi Covid-19 dapat dikurangi,” ungkapnya.

Miko menjelaskan untuk memantau dinamika dan perkembangan kasus Covid-19 di daerah tujuan liburan, surveilans kasus Covid-19 dan keberadaan reagen untuk pemeriksaan swab tenggorok harus segera dilakukan di semua kabupaten/kota di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)