Cegah Lonjakan Akibat Libur Natal dan Tahun Baru, Satgas Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi

Selasa, 26 Oktober 2021 - 15:17 WIB
loading...
Cegah Lonjakan Akibat Libur Natal dan Tahun Baru, Satgas Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi mengingatkan masyarakat diminta untuk segera melakukan vaksinasi mencegah lonjakan akibat libur Natal dan Tahun Baru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi mengingatkan pandemi Covid-19 belum berakhir. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk segera melakukan vaksinasi mencegah lonjakan akibat libur Natal dan Tahun Baru .

“Sebentar lagi kita akan menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru tentu kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Kami mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara kompak, konsisten, dan kolektif. Protokol kesehatan dan adalah ikhtiar kita bersama,” ujar Sonny dalam konferensi pers kedatangan vaksin Covid-19 ke-100 secara virtual, Selasa (26/10/2021).

Apalagi, kata Sonny, bahwa dari data monitoring perubahan perilaku Satgas Penanganan Covid-19 yang menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat di sejumlah wilayah sejak 12 Oktober 2021 lalu mulai mengalami penurunan.

“Jumlah kabupaten, kota, dan kecamatan yang memiliki kepatuhan memakai masker di bawah 60% mulai meningkat,” kata Sonny.

Sonny mengungkapkan penurunan prokes ini mengkhawatirkan karena bisa menjadi celah munculnya gelombang ketiga. “Kondisi ini tentu mengkhawatirkan, jangan sampai penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi tempat celah munculnya gelombang ketiga dan masuknya varian baru.”

“Kita harus belajar banyak dari pengalaman negara lain yang telah mengalami gelombang ketiga, bahkan gelombang keempat, akibat pelanggaran pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat dibarengi oleh pelonggaran protokol kesehatan,” paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3299 seconds (0.1#10.140)