Menanti Detik-detik Peralihan Blok Rokan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 12:41 WIB
loading...
A A A
Penyiapan dan Kompetensi SDM
Keempat, faktor kompetensi Sumber Daya Manusia. Kita tahu CPI adalah perusahaan minyak berstandar internasional. Oleh karena itu penggunaan SDM yang memahami pengelolaan blok minyak sangat diperlukan.

Ada ribuan pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) akan masuk menjadi pekerja baru di PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Penyerapan tenaga kerja ini dilakukan jelang alih kelola Blok Rokan dari CPI ke Pertamina pada 9 Agustus 2021, diharapkan peralihan pekerja ini tidak menjadi konflik internal yang justru bisa menjadi bumerang produksi atau lifting minyak nasional.

Proses Transisi
Penulis menilai, proses transisi dari Chevron Pacific Indonesia ke Pertamina Rokan terus berlangsung. Pendataan aset dan menyerahkan data produksi, eksplorasi, dan pendukung kegiatan operasi kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan PHR, tentu terus berjalan.

Dengan proses transisi yang baik dan benar. ke depan, diharapkan agar proses alih kelola Blok Rokan menjadi salah satu poin rujukan bagi peralihan wilayah kerja migas lainnya di Indonesia. Sejak Agustus 2020 hingga sekarang, CPI disebut telah menyerahkan seluruh data yang masuk di dalam termination checklist kepada SKK Migas.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Kamis 27 Mei 2021 melansir pemberitaan Kompas.com mengungkapkan, proses peralihan sudah dilakukan sejak 2019 dan beberapa bulan jelang dikelola oleh PHR terus diupayakan untuk berjalan optimal.

Kita semua berharap alih kelola Blok Rokan, Riau ini akan menjadi tonggak sejarah dan momentum awal menuju kemandirian dan ketahanan energi bangsa ini. Tidak mudah memang Pertamina Hulu Rokan yang baru diberikan pengalaman mengelola Blok minyak sebesar Blok Rokan yang memiliki potensi kandungan minyak hingga miliaran barel.

Namun Pertamina Hulu Rokan (PHR) harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka mampu mengelola Blok Rokan setara dengan Chevron Pacific Indinesia (CPI). Terutama dalam skala kemampuan teknologi, kemampuan produksi, kemampuan ekonomis dari nilai investasi yang sangat besar. (SA)

Semoga..!
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)