Kepemimpinan Apimorvi: Manifesto HMI Reborn

Sabtu, 06 Maret 2021 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi

Jika kedelapan nilai tadi itu dapat dimanifestasikan ke dalam diri pemimpin HMI mulai dari level Komisariat, Cabang, Badko hingga PB maka bukan hal mustahil HMI Reborn dapat menjawab tantangan zaman.

HMI Reborn dengan demikian tidak boleh silau mata dengan segala ikhwal terkait algoritmanya, Internet of Things (IoT), robot, AI (kecerdasan artifisial), komputasi awan dan sejenisnya yang menjadi ciri Industri 4.0. Apalagi era disrupsi sendiri tidak lantas menghilangkan fakta adanya ketimpangan kepemilikan dan akses produksi, serta relasi kekuasaan yang timpang (unequal).

HMI memegang tanggung jawab dalam mengawal agenda-agenda kebangsaan. Implikasinya bagi HMI adalah inklusivitas. Berjejaring dengan individu atau organisasi lainnya dalam rangka mempererat sinergi untuk kolaborasi menjadi penting dilakukan supaya peranan HMI dapat lebih maksimal. Adalah kenaifan jika memahami HMI sebagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan mempunyai surplus sumber daya. HMI pada dirinya terdapat keterbatasan. Untuk itu bersinergi dengan pihak lainnya merupakan keharusan di tengah keterbatasan yang ada. *
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0670 seconds (0.1#10.140)