Bersama BNPB, UI Terbitkan Buku Pengalaman Indonesia Tangani Covid-19

Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:00 WIB
loading...
Bersama BNPB, UI Terbitkan Buku Pengalaman Indonesia Tangani Covid-19
Ketua Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI, Prof Fatma Lestari. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana menerbitkan buku berjudul Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19 yang dikemas dalam tiga judul tulisan karya Profesor Dra Fatma Lestari, MSi PhD dan beberapa orang lainnya.

Prof Fatma yang menjabat sebagai Ketua Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI menjelaskan, judul pertama pada buku ini fokus pada pembahasan penanganan Covid-19 di level nasional.

Judul kedua difokuskan pada penanganan Covid-19 di 17 provinsi dan beberapa negara lain (internasional). Sedangkan judul ketiga meliputi pembahasan penanganan Covid-19 di 17 provinsi lainnya.

"Buku ini berisi kumpulan informasi dan pandangan dari sejumlah narasumber tentang perkembangan pandemi Covid-19 dan cara penanggulangannya di berbagai wilayah di Indonesia serta beberapa negara yang dinilai sukses melakukan penanggulangan, seperti Selandia Baru, Vietnam, Malaysia, Jerman, dan Korea Selatan," tutur Fatma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Informasi ini dibuat dalam bentuk tulisan bernarasi ilmiah populer yang didasarkan pada wawancara dengan narasumber dan policy makers dari instansi terkait, serta telaah kepustakaan.

Menurut dia, kehadiran buku ini menjadi sangat relevan karena hampir semua negara, termasuk Indonesia, hingga saat ini masih berjuang keras menghadapi pandemi ini.

Saat ini 213 negara terdampak oleh pandemi dan mengalami efek serius pada bidang kesehatan, ekonomi, sosial, dan politik.

Buku ini diharapkannya dapat dibaca oleh berbagai pihak yang terkait penanggulangan Covid-19, baik dalam kapasitas individu maupun organisasi.

Bagi masyarakat, buku ini bermanfaat dalam menambah wawasan dan pemahaman tentang berbagai kondisi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh berbagai daerah dan negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19. (Baca juga: Positif Covid-19 Bertambah 1.902 Kasus, Berikut Sebaran di 34 Provinsi)

Dengan pemahaman ini, masyarakat diharapkan dapat berkontribusi lebih aktif dan nyata dalam membantu penanggulangan Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3065 seconds (0.1#10.140)