BNPB Tepis Isu Pulau Tagulandang Bakal Tenggelam jika Gunung Ruang Kembali Erupsi

Sabtu, 04 Mei 2024 - 18:36 WIB
loading...
BNPB Tepis Isu Pulau Tagulandang Bakal Tenggelam jika Gunung Ruang Kembali Erupsi
BNPB menepis adanya kabar yang menyebut Pulau Tagulandang akan tenggelam apabila Gunung Ruang kembali erupsi yang jauh lebih besar, Sabtu (4/5/2024). Foto/PVMBG
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menepis adanya kabar yang menyebut Pulau Tagulandang akan tenggelam. Kabar ini berembus apabila Gunung Ruang kembali erupsi yang jauh lebih besar.

Hal ini ditegaskan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengunjungi posko pengungsian warga di Pulau Siau, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sabtu (4/5/2024).

Dalam kunjungan itu, ada salah seorang warga yang melaporkan kepada Kepala BNPB terkait adanya kabar yang beredar, bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam karena tsunami akibat dari erupsi Gunungapi Ruang yang akan terjadi lagi dan lebih besar.

Mendengar hal itu, Suharyanto lantas menjawab bahwa hal itu tidak benar dan masyarakat telah termakan berita hoaks.

"Itu tidak benar ya. Hoaks. PVMBG sudah mengeluarkan informasi terkait hal itu. Bahwa tidak benar Pulau Tagulandang akan hilang tenggelam," kata Suharyanto

Oleh sebab itu, Suharyanto meminta agar masyarakat hanya memperbarui informasi dari instansi berwenang seperti PVMBG, BNPB, BMKG,BPBD, TNI, Polri dan sebagainya.

"Saya harap kita semua selalu memperbarui informasi hanya dari instansi yang berwenang,” ujarnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)