Jaga Kondisi Lingkungan, Pentingnya Pengendalian Air Sisa Pertambangan

Selasa, 30 April 2024 - 13:14 WIB
loading...
Jaga Kondisi Lingkungan, Pentingnya Pengendalian Air Sisa Pertambangan
Perhelatan BIGMIND Innovation Award. Kompetisi ini merupakan refleksi komitmen MIND ID terhadap pertumbuhan ekosistem inovasi di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam menjaga kondisi lingkungan khususnya di daerah pertambangan, perlu diperhatikan pengendalian air pembuangan dari sisa pertambangan. Pandangan ini terungkap dalam tahap sosialisasi dan pendaftaran BIGMIND Innovation Award.

Kegiatan ini dibuka pada periode 26 April hingga 30 Juni 2024. Tahapan seleksi awal berlangsung pada 1 Juli hingga 7 Agustus 2024.

SVP Division Head of IMMRI MIND ID, Ratih Dewihandajani menyampaikan, untuk bidang pengelolaan lingkungan, telah diimplementasikan aplikasi Mastermine bersama PTBA yang mampu memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air sisa pertambangan secara daring.

"Pada bidang ekonomi sirkuler, telah menginkubasi pembuatan prototype pengolahan residu bauksit dan tin alloy. Kedua produk sisa hasil pengolahan dan pemurnian ini akan dihilirisasi kembali untuk mendapatkan peningkatan nilai tambah dan meminimalisir waste," kata Ratih dalam keterangannya, Selasa (30/2/2024).

Selain itu kata Ratih, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga sudah mengimplementasikan Corporate Information System and Enterprise Application (CISEA). Aplikasi ini diklaim mampu memantau proses produksi dan dapat diakses dengan mudah melalui gawai.



Di PT Freeport Indonesia, penerapan teknologi Underground Smart Mining telah memungkinkan monitoring dan pencegahan risiko kecelakaan kerja melalui penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dalam control room.

"BIGMIND meliputi pula berbagai program menarik untuk mendukung Pengembangan kreativitas insan MIND ID. Hasilnya bukan hanya sekadar pemanis, tapi juga bisa diejawantahkan dalam proses bisnis grup MIND ID," ucap Ratih.

Dijelaskan Ratih, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus proaktif dalam memanfaatkan tren perkembangan teknologi. Hal ini diharapkan dapat terus mendukung peningkatan nilai tambah yang optimal bagi komoditas tambang Indonesia.

Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan menghadirkan berbagai inovasi pada proses bisnis, yaitu menggelar perhelatan BIGMIND Innovation Award. Kompetisi ini merupakan refleksi komitmen MIND ID terhadap pertumbuhan ekosistem inovasi di Indonesia.

"Hal ini dilakukan karena budaya inovasi Grup MIND ID merupakan salah satu faktor pendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya Akhlak BUMN serta Noble Purpose MIND ID yakni We Explore Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future," tutupnya.

Saat ini, MIND ID melalui anggota holding yang terdiri dari PT Aneka Tambang (ANTM) Tbk, PTBA, PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk (TINS) telah melakukan pengembangan aplikasi digital di berbagai proses bisnis, mulai dari eksplorasi, sistem informasi korporasi, hingga pengelolaan limbah.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)