Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Inggris, Diam-diam Mesra?

Selasa, 14 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Lantas, apa itu kepentingan nasional? Prinsip utamanya seperti disampaikan H.J Morgenthau, yakni kepentingan nasional selalu mengarah pada how to get power, hingga suatu negara mampu memelihara kontrol suatu negara terhadap negara lain.

Kamus Hubungan Internasional menyebut kepentingan nasional sebagai tujuan mendasar dan faktor paling penting yang menentukan dan memandu para decision maker dalam merumuskan politik luar negeri.Sedangkan Donald E Nuechterlain melihat ada 4 elemen dasar dalam kepentingan nasional, yakni kepentingan pertahanan dan keamanan, kepentingan ekonomi, kepentingan tata regional, dan kepentingan ideologi.

Untuk Indonesia, kepentingan nasionalnya digariskan dalam pembukaan UUD 45 alenia 4. Garis besarnya meliputi unsur pertahanan keamanan, kesejahteraan, pendidikan, dan perdamaian dunia. Secara lebih detail, Kemlu menjelaskan arah kepentingan nasional antara lain untuk mewujudkan perdamaian, ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, perdagangan, dan investasi.

Dalam konteks hubungan Indonesia dengan Inggris, selain berpegang pada prinsip kerjasama bilateral, kepentingan nasional tentu menjadi motif yang tak terhindarkan. Persoalannya, kepentingan seperti apa yang ingin dicapai para decision maker yang berada di belakang kendali pemerintahan negeri ini? Begitupun sebaliknya dari pemerintah Inggris, sehingga kepentingan nasional kedua negara bisa bertemu dan terus mengalami perkembangan positif hingga saat ini.

Kemitraan Strategis

Hubungan Indonesia-Inggris hingga mencapai level tinggi seperti saat ini, menemui momentum kala menginjak 70 tahun hubungan bilateral. Tepatnya pada April 2012, kedua negara memperkokoh kerja sama melalui kemitraan strategis yang ditandai dengan Joint Statement on Closer Cooperation.

Pada tahun yang sama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Inggris David Cameron menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di kantor sekaligus kediaman Cameron, di 10 Downing Street. Kerja sama yang disepakati itu adalah di bidang pertahanan, pendidikan, dan ekonomi kreatif.

baca juga: Aroma Liga Inggris Makin Terasa di Timnas Indonesia

Dalam bidang pertahanan, Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Phillip Hammond, MP setuju meningkatkan kerja sama melalui bantuan peningkatan kapasitas bagi TNI di Pusat Studi Perdamaian dan Keamanan dalam bentuk peralatan audio visual untuk pelatihan bahasa; dan menyediakan kursus-kursus dan seminar bagi anggota pasukan perdamaian.

Bentuk kerja sama di bidang pertahanan lainnya berupa kontrak penjualan alat-alat pertahanan kepada angkatan udara, angkatan darat, dan angkatan laut Indonesia. Peralatan itu di antaranya peluru kendali starstreak, senapan sniper, kapal perang kecil multiguna (multi roles light frigate – MLRF), dan suku cadang untuk pesawat tempur Hawk 109/209.Masih menindaklanjuti MoU yang diteken kedua menhan di London tersebut, kedua negara bersepakat menggelar pertemuan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)