Strategi Perang Asimetris ala Hamas Menggempur Israel

Selasa, 17 Oktober 2023 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Beberapa pasukan masuk menggunakan kendaraan dua dan roda empat langsung menyerang garis pertahanan pertama Israel, menyerbu tempat tidur tentara dan merebut pangkalan serta markas besar operasi militer Israel di Gaza selatan.Di sisi lain, Hamas juga belajar dari taktik pejuang Jenin selama Pertempuran Jenin pada tahun 2002 yang menggunakan kombinasi taktik pemberontakan, penggunaan alat peledak rakitan atau IED, dan strategi perang kota melawan militer Israel.

Penggunaan IED sangat efektif mengganggu operasi militer Israel. IED berbiaya rendah dan mudah disembunyikan, menjadikannya alat yang berharga untuk peperangan asimetris. Dengan IED Hamas menargetkan kendaraan, patroli, dan instalasi militer Israel.

baca juga: Hacker Rusia Klaim Membantu Hamas Serang Israel

Dalam menyiapkan serangan, Hamas juga menggunakan strategi yang cerdik. Dilansir dari Reuters, strategi dimaksud adalah membangun permukiman tiruan Israel di Gaza sebagai sarana latihan pendaratan militer dan penyerbuan. Hamas pun membuat video persiapan tersebut.

Tapi Israel sudah terlalu percaya diri dan tidak menggubris serta meyakini Hamas tidak akan sampai melakukan konfrontasi. Respons Israel yang demikian terjadi karena di sisi lain Hamas membangun kesan pihaknya lebih fokus memperjuangkan nasib masyarakat Gaza agar mendapat lapangan pekerjaan dan tidak tertarik memulai serangan baru.

4.Melibatkan Spektrum Astagatra dan Pancagatra

Pengalaman bertempur dengan Israel, khususnya selama perang di Gaza tahun 2014, mengajarkan Hamas pentingnya implementasi perang perkotaan dan penggunaan infrastruktur sipil sebagai perisai. Pada Operasi Badai Al-Aqsa, Hamas menggunakan daerah padat penduduk sebagai lokasi peluncuran roket dan menyembunyikan senjata serta pusat komando dan kendali di bangunan sipil. Strategi ini tentu menyulitkan Israel, karena serangan terhadap masyarakat sipil merupakan pelanggaran hukum internasional.

baca juga: Madonna Mengutuk Serangan Hamas, Tegas Dukung Israel

Sejak pertempuran Jenin 2002,Hamas telah banyak berinvestasi membangun infrastruktur terowongan, membangun jaringan jalur bawah tanah yang luas yang memungkinkan mereka melewati pos pemeriksaan Israel dan melancarkan serangan dari lokasi yang tidak terduga. Serangan ini telah membawa kejutan ke tingkat yang baru. Melalui jaringan terowongan itulah Hamas memindahkan pejuang dan perbekalan, menghindari pasukan Israel, dan melancarkan serangan mendadak.

Pada 2014, The Washington Post melaporkan bahwa pasukan IDF menemukan terowongan sepanjang panjang 2,4 kilometer. Di dalam terowongan sedalam 66 kaki itu terdapat fasilitas listrik dan perbekalan untuk bertahan selama beberapa bulan. Diperkirakan telah dibangun dengan biaya US$10 juta menggunakan 800 ton beton.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)