Keakuratan Peristiwa Bersejarah di Karya Fiksi Iksaka Banu

Selasa, 12 September 2023 - 19:55 WIB
loading...
Keakuratan Peristiwa Bersejarah di Karya Fiksi Iksaka Banu
Foto: Istimewa
A A A
Handoko Widagdo
Pencinta Buku

SEPERTIkarya-karya sebelumnya, dalam novel “Rasina”, Iksaka Banu membangun kisah fiksinya berbasis sejarah jaman kolonial di Indonesia. Ciri khas karya Iksaka Banu adalah akuratnya peristiwa-peristiwa sejarah yang dipakai sebagai latar kisah fiksinya.

baca juga: Buku dan Kertas Berlalu

Iksaka Banu juga sangat peduli dengan detail tempat, ruang, suasana dan budaya – termasuk bahasa percakapan untuk memperkaya karyanya. Penggambaran yang detail tentang tempat, ruang, suasana dan budaya tersebut membuat pembacanya bisa menikmati masa kisah fiktif yang dituturkannya.

Dalam semua karya fiksi Iksaka Banu yang telah saya baca, ia selalu menggunakan tokoh orang Belanda atau keturunan Belanda yang berperilaku baik. Demikian pun dengan novel ini. Tokoh Joost Borsveld adalah seorang Landdrost (sharif), Jan Aldemaar Staalhart seorang Baljuw serta Henriek Cornelis Adam seorang juru tulis Belanda adalah tokoh yang berhati baik dan berusaha untuk hidup bersih dari suap.

Tokoh-tokoh baik dari kelompok yang dianggap jahat menunjukkan bahwa kejahatan atau kebaikan tidak melekat pada etnis/bangsa tertentu. Tokoh Joost, Staalhart dan Hendriek menunjukkan bahwa ada orang Belanda yang masih punya hati nurani dan berupaya untuk melindungi kemanusiaan.

Seperti novel Pangeran Dari Timur yang menggunakan dua plot dalam satu novel, Iksaka Banu juga menggunakan dua plot terpisah jaman pada novel Rasina. Pangeran Dari Timur yang ditulisnya bersama Kurnia Effendi mengisahkan tentang Raden Saleh, seorang pelukis terkenal asal Indonesia.

baca juga: Seribu Cinta, Seribu Buku, MNC Peduli dan Sekolah Regina Pacis Jakarta Gelar Donasi Buku

Dalam novel tersebut Iksaka Banu memakai plot jaman Raden Saleh dan plot jaman pergerakan. Teknik ini dipakai untuk memberi tafsir tentang dua pandangan yang berbeda tentang sosok Raden Saleh yang masih membekas sampai saat ini. Teknik plot ganda juga dipakai oleh Iksaka Banu dalam novel Rasina.

Berbeda dengan Pangeran Dari Timur, dua plot yang digunakan oleh Iksaka Banu dalam novel Rasina tidak bertujuan untuk mendialogkan dua pandangan yang berbeda tentang sosok/sejarah, melainkan untuk menambal bagian-bagian sejarah yang bolong tentang genosida di Kepulauan Banda oleh Belanda di abad 17.

Marilah kita bahas lebih detail tentang dua plot yang ada di novel Rasina. Plot pertama berkisah tentang kondisi Batavia akhir abad 18, menjelang bangkrutnya VOC atau 100 tahun setelah pembantaian rakyat Banda oleh Kompeni. Plot ini mengisahkan bagaimana kondisi Batavia yang penuh korupsi, perdagangan budak dan perdagangan opium ilegal.

Jan Aldemaar Staalhart, seorang Baljuw atau Kepala Kepolisian sedang menyelidiki seorang vrijburgher, pedagang partikelir bernama Jakob de Vries yang diduga menjadi penyelundup budak dan opium. Staalhart dibantu oleh dua orang landdrost, semacam sharif dalam penyelidikannya.

baca juga: Membaca Buku Dunia dan Indonesia

Dalam proses penyelidikan inilah muncul tokoh Rasina, seorang budak perempuan asal Banda yang lidahnya terpotong dan badannya penuh luka sayat senjata tajam. Luka sayatan bahkan terdapat di sekitar alat kelamin Rasina. Munculnya tokoh Rasina ini membuat cerita menjadi semakin menarik.

Iksaka Banu mengungkap ketamakan para pedagang partikelir Belanda yang bekerja sama dengan para pejabat melalui kisah penyelundupan budak dan opium. Iksaka Banu juga secara jelas memaparkan peran orang-orang Cina di Batavia yang menjadi bagian dari peredaran opium selundupan tersebut.

Peran orang-orang Cina ini ditulis cukup mendalam di novel ini. Sumber utama peran orang Cina di Batavia di akhir masa VOC adalah buku “The Chinese and Crime in Ommelanded of Batavia" karya Devi Riskianingrum.

Plot kedua berkisah tentang pembantaian rakyat Banda oleh tentara Belanda yang dipimpin langsung oleh Jan Pieterzoon Coen dan Gubernur Martinus Sonck. Iksaka Banu menceritakan dengan detail bagaimana perilaku tentara Belanda dalam membunuhi masyarakat Banda demi mengosongkan pulau itu untuk dijadikan kebun pala.

Kisah pembantaian masyarakat Banda ini didasarkan pada sebuah buku berjudul Conqueste yang merupakan buku harian seorang juru tulis Belanda yang ikut dalam ekspedisi Coen ke Banda. Selain dari Conqueste, Iksaka Banu juga menggunakan catatan dari Des Alwi, buku Willard A Hanna dan Usman Thalib, seorang sejarawan Banda.

Terus, apa hubungan antara plot pertama dengan plot kedua? Iksaka Banu menggunakan tokoh Staalhart sang Baljuw sebagai cucu dari Hendriek Cornelis Adam sang penulis buku harian. Tentu saja Hendriek Cornelis Adam adalah nama rekaan Iksaka Banu supaya bisa menuang kisah yang ada di buku harian juru tulis Belanda yang tanpa nama itu.

Judul: Rasina

Penulis: Iksaka Banu

Tahun Terbit: 2023

Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia

Tebal: xxvii + 587

ISBN: 978-602-48-986-6
(hdr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)