Ketua Komisi Nasional Flu Burung Beberkan 12 Kunci Hadapi Covid-19

Selasa, 28 April 2020 - 17:38 WIB
loading...
A A A
"Bantuan yang pelatihan itu nggak pas saat ini yang dibutuhkan adalah daya beli jadi kasih aja dalam bentuk bantuan tunai langsung dulu nanti setelah kemudian nergerak baru pelatihan itu kemudian itu ada gunanya karena kalau engg Kita akan mengalami kesulitan," jelasnya.

Kunci yang kesembilan yakni mengajak dan merangkul erat sains dan IPTEK serta para ilmuwan, perguruan tinggi dan lembaga riset sedari awal. Bayu menegaskan jangan memberikan statmen tanpa dukungan dari mereka.

"Karena kalau tidak, ya merekapun tidak sempurna mereka pun tidak tahu banget tapi dibandingkan kita kita yang awam saya kira mereka paling tidak lebih punya kelebihan dalam pengetahuan itu dibandingkan kita," ujarnya.

Kesepuluh yakni membuka selebar-lebarnya kerjasama internasional, baik terkait kerja sama alat kesehatan atau penelitian mengenai covid-19. Kesebelas yakni pemeritah harus membangun kapasitas sambil menangani Covid-19 ini.

"Siapa yang akan bilang bahwa inj akan berakhir beberapa bulan jangan-jangan bisa berakhir dalam waktu yang lebih lama. Jadi dengan demikian kita harus bangun kapasitas rumah sakit dan lain-lain itu bersamaan dengan ini. Tidak ada pelajaran yang lebih bagus untuk membangun kapasitas itu dari kondisi sekarang," ungkapnya.

Kunci yang terakhir yakni internalisasi. Kunci ini penting agar penanganan Covid-19 berlangsung secara cepat dan sistematik. "Artinya untuk melihat Covid-19 ini sudah menjadi bagian yang bwrsifat pandemi yang akan ada terus di indonesia jadi kita harus punya penanganan yang lebih sistematik," tuturnya.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)