Deretan Brevet dan Tanda Jasa Komjen Dharma Pongrekun, Sosok yang Sebut Covid-19 Konspirasi

Kamis, 01 Februari 2024 - 19:49 WIB
loading...
Deretan Brevet dan Tanda Jasa Komjen Dharma Pongrekun, Sosok yang Sebut Covid-19 Konspirasi
Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun. FOTO/DOK.BSSN
A A A
JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun baru-baru ini mencuri banyak perhatian setelah mengungkap rencana elite global melakukan kontrol di dunia melalui Covid-19 viral. Pernyataan tersebut disampaikan Dharma Pongrekun dalam kanal YouTube dr. Richard Lee yang diunggah pada 27 Januari 2024.

Purnawirawan polisi tersebut menyebut Covid-19 yang sempat menghebohkan dunia merupakan sebuah rencana dari Rockefeller Foundation sejak 2010. Dharma mengungkapkan pandemi itu telah disimulasi pada 2012, kemudian disebarkan di dunia pada 2019. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat program digitalisasi.

Konspirasi terkait Covid-19 ini sebenarnya bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Sebab, pada 2021 lalu juga sempat beredar disinformasi terkait Covid-19 adalah Certification Of Vaccination Identification by Artificial Intelligence di laman resmi Kominfo.



Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun yang baru saja pensiun pada pertengahan Januari 2024 ini merupakan mantan Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri.

Jika dilihat dari sepak terjangnya di kepolisian, jenderal bintang 3 ini sebenarnya punya riwayat karier mentereng. Ketika masih berpangkat Brigadir Jenderal, dirinya sempat bertugas sebagai Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri dan Karorenmin Bareskrim Polri di tahun 2016.

Selanjutnya, dia sempat duduki posisi Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN di 2018. Dari sinilah pangkatnya mulai naik menjadi Inspektur Jenderal Polisi.



Pangkat jenderal bintang 3 didapat setelah Dharma diangkat menjadi Wakil Kepala BSSN. Barulah setelah itu dirinya mulai menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri.

Deretan Brevet dan Tanda Jasa Komjen Dharma Pongrekun

Selama berkarier di Polri, Dharma Pongrekun telah mengoleksi sejumlah Brevet dan Tanda Jasa. Menunjukkan tingginya integritas sosoknya di tubuh Polri.

1. Brevet Komjen Dharma Pongrekun

- Brevet Pelopor Brimob
- Brevet Penyidik Utama
- Brevet Selam Polri
- Brevet Para Penerjun
- Brevet SAR Polri
- Brevet Wing Sniper
- Pin Korps Brimob

2. Tanda Jasa Komjen Dharma Pongrekun

- Bintang Bhayangkara Pratama
- Bintang Bhayangkara Nararya
- Satyalancana Pengabdian 24 Tahun
- Satyalancana Pengabdian 16 Tahun
- Satyalancana Pengabdian 8 Tahun
- Satyalancana Jana Utama
- Satyalancana Ksatria Bhayangkara
- Satyalancana Karya Bhakti
- Satyalancana Dwidya Sistha
- Satyalencana Bhakti Buana
- Satyalancana Bhakti Nusa
- Satyalancana Dharma Nusa
- Satyalancana Operasi Kepolisian
- Satyalancana G.O.M VII
- Satyalancana Santi Dharma
- United Nations Transitional Administration for Eastern Slavonia, Baranja and Western Sirmium (UNTAES) Medal

Itulah deretan Brevet dan Tanda Jasa Komjen Dharma Pongrekun. Banyaknya Tanda Jasa dan Brevet yang dimilikinya ini menunjukkan kredibilitas dan integritasnya ketika masih aktif di Kepolisian.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)