Peran Kampus Lahirkan Pilpres Berkualitas

Jum'at, 03 Februari 2023 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Tradisi konvensi capres dan cawapres perlu terus dilakukan oleh partai politik di Indonesia. Pemilihan capres yang dilakukan oleh partai politik tidak hanya sebatas mempertimbangkan aspek keturunan, popularitas atau dukungan logistik semata, tetapi juga lahir dalam proses konvensi yang teruji terhadap kemampuan intelektul para kandidat.

Koalisi partai politik dalam menentukan capres-cawapres juga perlu dikritisi, sampai saat ini koalisi partai politik masih berkutat dengan transaksi politik yang tidak jelas ukuran dan kriterianya. Sehingga lagi-lagi publik hanya disuguhkan praktik seperti membeli kucing dalam karung. Akibatnya ketika calon diumumkan yang justru mengemuka adalah polarisasi politik dalam beberapa kubu, bukan tema kampanye yang berbasis pada isu dan persoalan kebangsaan yang sedang dihadapi.

Penutup
Menjadi negara demokrasi harus menjadi pilihan sadar bagi seluruh pemangku kepentingan bangsa dan negara. Demokrasi bisa menjadi sarana yang baik untuk mencapai cita-cita bangsa, begitupun sebaliknya. pemilu menjadi instrumen penting dalam demokrasi untuk menghasilkan anggota legislatif dan pemimpin negara dan pemerintahan yang baik dan berkualitas. Sehingga dari sanalah kemudian lahir kebijakan publik dan regulasi yang menjadi panduan dan rujukan dalam menjalankan proses pembangunan.

Kampus sebagai salah satu pilar demokrasi yang penting, bisa memainkan peran dalam melahirkan pemimpin yang memiliki kemampuan dalam menguasai peta persoalan, memahami potensi bangsa serta memiliki solusi setiap persoalan kebangsaan.

Peran Kampus Lahirkan Pilpres Berkualitas Kampus bisa menjadi tempat ujian pertama bagi capres untuk mendengar, berbicara, berdiskusi bahkan berdebat dalam setiap tema yang diangkat, bahkan mengetahui mimik dan gestur tubuh capres adalah salah satu cara untuk mengetahui penguasaan mereka terhadap isu yang sedang dibicarakan, seperti yang dilakukan oleh Donald Trump dan Hillary Clinton dalam debat di Universitas Washington, St Louis, Missouri pada 2016 lalu.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)