Menjejak 2023 dengan Kesadaran Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim

Rabu, 28 Desember 2022 - 20:32 WIB
Kedua, bagi Muslim Indonesia, Deklarasi Islam mengenai Perubahan Iklim (IDGCC) seyogianya mampu menjadi bagian dari pedoman dasar dalam berkebijakan dan menjalankan praktik baik guna merespons perubahan iklim dan kerusakan alam yang masif. Pada titik ini, peran masjid, lembaga dakwah, dan lembaga pendidikan Islam beserta pemangku kepentingan di dalamnya dapat menjadi episenter penting.

Masjid dan lembaga dakwah mampu menjadi pendorong kesadaran dan kepatuhan umat tentang perubahan iklim. Mimbar masjid dan pengajian di dalamnya eloknya lebih intensif menjadikan upaya penghargaan terhadap alam dan lingkungan serta perubahan iklim sebagai salah satu topik syiar. Sementara itu, lembaga pendidikan Islam dapat mengisi karakter dan pengetahuan generasi mendatang sebagai human capital investment menghadapi perubahan iklim yang bukan lagi persoalan laten.

Lebih jauh, lembaga pendidikan Islam pada semua jenis dan jenjang patut mengadopsi dengan jelas dan terukur mengenai dampak perubahan iklim, risiko dan bahaya yang ditimbulkan, serta perangkat sikap dan perilaku untuk mengurangi dampak dan risiko perubahan iklim tersebut. Di tengah kewajiban untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur lembaga pendidikan Islam, kesadaran tentang perubahan iklim penting untuk ditanamkan.

Sebagaimana temuan saintifik yang menekankan perlunya langkah pengendalian dalam memanfaatkan alam dan menjaganya dari kerusakan lebih lanjut, kesadaran serta upaya menumbuhkan praktik baik (best practices) menjaga alam dan lingkungan adalah wujud nilai Islam untuk menjaga prinsip keseimbangan dan keadilan (tawasuth dan i'tidal) dalam berinteraksi dengan alam.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More