Kembali ke Labuan Hati, ke Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:57 WIB
Perjalanan melelahkan mendaki bukit Pulau Padar memang sangat terasa. Namun semua terbayar lunas manakala kaki menjejak di puncak bukit tersebut. Belaian angin laut langsung terasa tanpa adanya penghalang. Dari ketinggian, panorama indah makin memanjakan mata. Terlebih saat menatap 3 teluk dengan 3 pantainya yang khas, dengan degradasi warna biru, hijau, putih, hitam, dan pink.

Berada di tengah antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo, Pulau Padar menjadi satu gugusan kepulauan yang jadi warisan UNESCO . Meski masih dalam satu kawasan Taman Nasional, Pulau Padar hanya memiliki beberapa Komodo (Varanus Komodoensis). Itupun yang berasal dari Pulau Rinca. Dengan cara berenang, komodo yang merupakan satwa endemik di kawasan tersebut, mampu menyeberangi laut menuju Pulau Padar.



baca juga: Pengembangan Labuan Bajo Dipastikan Prioritaskan Keberlanjutan Lingkungan

Kondisi geografis yang kering menyebabkan Pulau Padar tidak banyak ditumbuhi pohon. Bahkan saat kemarau, hanya nampak bebatuan dan semak mengering. Sehingga tak mudah menjumpai rusa dan herbivora, yang biasa menjadi mangsa biawak Komodo. Itulah mengapa Pulau Padar sulit ditemui komodo. Rantai makanan yang terputus menyebabkan pulau ini sunyi Komodo.

Mencumbu Komodo Liar di Alam Terbuka

Puas mencumbu Pulau Padar dan berswa foto, rombongan Media Gathering Bank Mandiri lalu bertolak ke Pulau Komodo, yang memiliki jarak tempuh sekitar 20 menit perjalanan laut. Dalam hutan di pulau seluas + 390 kilometer persegi ini, ada sekitar 1.700 komodo yang hidup liar dan berdampingan dengan masyarakat kampung di Pulau Komodo.



Berdasarkan catatan, Komodo pertama kali diketahui ketika orang Eropa menjelajahi Indonesia, mengikuti rumor buaya yang hidup di darat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia), pada 1910. Makalah pertama tentang komodo diterbitkan dua tahun kemudian ketika direktur Museum Zoologi di Jawa menerima sampel spesimen dari seorang kolektor.

baca juga: Mengenal Sejarah Taman Nasional Komodo yang Lagi Viral
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More