Implan Gigi Produksi dalam Negeri

Sabtu, 18 September 2021 - 11:24 WIB
Setelah itu dilanjutkan dengan proses etsa menggunakan larutan asam kuat seperti asam klorida, asam sulfat dan sebagainya pada temperatur dan waktu tertentu. Tahapan selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah proses sterilisasi terhadap produk implan gigi tersebut sebelum digunakan pada pasien.

Implan Gigi dalam Program Prioritas Riset Nasional (PRN)

Dalam program Prioritas Riset Nasional (PRN) tahun 2020-2024 yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 38 Tahun 2019, produk implan gigi ini juga menjadi salah satu produk unggulan dan Organisasi Riset (OR) Pengkajian dan Penerapan Teknologi (sebelumnya BPPT) telah ditetapkan sebagai koordinator dalam mengembangkan implan gigi produksi dalam negeri tersebut.

Dalam melaksanakan program PRN terkait produk implan gigi tersebut, pada awal tahun 2021 telah dilakukan penandatanganan kerja sama oleh beberapa pihak yang mempunyai semangat yang sama untuk mengembangkan implan gigi produksi dalam negeri melalui sebuah konsorsium PRN Implan Gigi. Anggota konsorsium tersebut berasal dari berbagi unsur seperti lembaga penelitian, universitas, industri dan asosiasi.

Salah satu target program PRN Implan Gigi ini adalah mengembangkan implan gigi produksi dalam negeri yang memenuhi standar dan bisa mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan serta bisa dipakai secara luas di Indonesia. Keberhasilan pengembangan produk implan gigi produksi dalam negeri ini diharapkan akan menurunkan biaya pengobatan untuk pasien, menurunkan impor produk alat kesehatan khususnya implan gigi dan pada akhirnya akan meningkatkan kemandirian bangsa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More