Rempangku Malang, Melayuku Sayang

Jum'at, 22 September 2023 - 17:10 WIB
Bambang Asrini, Pengamat Sosial dan Budaya. Foto/Dok. SINDOnews
Bambang Asrini

Pemerhati Sosial Budaya

Koordinator Forum Alumni Unej untuk Perubahan, Anies Cadas

PERISTIWA hiruk-pikuk konflik agraria Pulau Rempang tentu mengguncang empati, terutama pada keberadaan suku bangsa Melayu yang beranak-pinak ratusan tahun di sana. Mereka, saudara-saudara kita yang sekarang bertungkus-lumus—berikhtiar sungguh-sungguh lepas dari beban kesusahan.

Ancaman hadir pada yang bermukim di pesisir pantai pun yang mengolah hutan untuk nafkahnya, mereka tercabik-cabikdaya hidup sosio-kulturalnya.



Keputusan-keputusan sepihak para penguasa dan perilaku aparat keamanan yang semena-mena memberi mantra “relokasi demi investasi untuk Eco City” selayak apa yang sastrawan besar Melayu Raja Ali Haji,pernah bersyair satu saat untuk tetap tengadah:

jangan perkataan keruh dan kerah

khususan pula bicara darah

janganlah zalim barang sezarah.

jika memerintah lemah dan lembut

kepada tempat barang yang patut

orang pun banyak suka mengikut,

apa kehendak tidak tersangkut

Sejarah membilang, bagaimana bangsa Melayu ‘jatuh dan bangun’ serta tetap dengan semboyan‘lebih baik mati berdiri daripada hidup berlutut’ menjalani zaman demi zaman. Usai Traktat London 1824 antara Kerajaan Belanda dengan Inggris,kedua penjajah—tentunya setelah terjadi perang berdarah-darah--mulai menanamkan pengaruhnya di wilayah Kesultanan Melayu.

Keduanya dengan keji memecah relasi puak-kerabat yang memisah bangsa serumpun antara Kepulauan Riau, Singapura, Johor, Trengganu dan Semenanjung Malaka. Belanda dengan culas menancapkan kekuasaan kolonialnya, membuat kesepakatan-sepihak berupa traktat, yang sesuai Arsip Nasional RI, di Kesultanan terakhir Riau-Lingga tertanggal 29 Oktober 1830.

Di sanalah justru sastrawan dan ulama Raja Ali Haji dengan karya-karya yang menyejarah memberi bangsa kita berkah luar biasa, terutama karya-karya: Bustanulkatibin (1857) dan Kitab Pengetahuan Bahasa (1859).

Bangsa Melayu yang malang dan kebetulan hidup di Pulau Rempang yang bermasalah, pantas untuk melawan bahkan sepenuh jiwa, sebab begitu pentingsumbangsih masa lalu mereka pada kita. Terutama di awal abad ke-20 dengan dua kitab itu, yang ikut menjadi cikal bakal‘fundamen teoritis’bahasa Indonesia‘yang diadopsi’ dari bahasa Melayu.

Seperti yang diungkapkan Ki Hadjar Dewantara dalam Kongres Bahasa Indonesia I di Solo pada tahun 1938:“Ijang dinamakan 'Bahasa Indonesia'jaitoe bahasa Melajoe jang soenggoehpoen pokoknja berasal dari 'Melajoe Riau' akan tetapijang soedahditambah, dioebah atau dikoerangi menoeroet keperloean zaman danalam baharoe, hingga bahasa itoe laloe moedah dipakai oleh rakjat di seloeroeh Indonesia; pembaharoean bahasa Melajoe hingga mendjadibahasa Indonesia itoe haroes dilakoekan oleh kaoem ahli jang beralambaharoe, ialah alam kebangsaan Indonesia"

Kutipan diatas disalin dari pokok-pokok pikiran awal Harimurti Kridalaksana, tokoh linguis dengan bukunya “Masa Lampau Bahasa Indonesia: Sebuah Bunga Rampai”, 1991 yang juga mengetengahkan pemikiran cerlang kritikus sastra dan budaya A Teeuw pada masanya.

Kridalaksana juga menelaah bahwa bahasa Indonesia dianggap “jabang-bayinya muncul” sebagai sebuah ekspresi politik pada Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Penerimaan itu menyebabkan orang Indonesia menyaksikan dirinya dalam cermin sebagai “satu tumpah darah--tanah air, bangsa dan bahasa” yang mengikat-satu dan lainnya dan menjadi imajinasi komunitas terbayang—imagined communities ala sarjana Barat, Ben Anderson tentang paradigma nasionalisme.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More