Ancaman Resesi Global dan Respons Kebijakan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 11:26 WIB
loading...
A A A
Untuk mencapai tingkat inflasi yang rendah, stabilitas mata uang, dan pertumbuhanekonomiyang lebih cepat,parapembuat kebijakan dapat mengalihkan fokus mereka dari mengurangi konsumsi menjadi meningkatkan produksi.Kebijakaniniharus berusaha untuk menghasilkan investasi tambahan dan meningkatkan produktivitas dan alokasi modal, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pengurangan kemiskinan.

Bank-banksentral haruskonsistenbertahan mengendalikan inflasidengan pilihan waktu dan takaran yang terukur dan tepat supaya tidak menimbulkan efek samping beruparesesi global.Keputusan inimembutuhkan tindakan bersama olehpara pengambil kebijakan di bank-bank sentral dan pemerintahannya.

Bank sentraljugaharus mengkomunikasikan keputusan kebijakan dengan jelas sambil menjaga independensinya.Cara ini dapat membantu jangkar ekspektasi inflasi dan mengurangilevelpengetatan yang diperlukan.Khusus dinegara berkembang,bank sentralnyaharus memperkuat peraturan makroprudensial dan meningkatkancadangan devisanya.

Sejalan dengan langkah bank sentral, otoritas fiskal perlu mengkalibrasi dengan hati-hati penarikan langkah-langkah dukungan fiskal sambil memastikan konsistensi dengan tujuan kebijakan moneter. Pembuat kebijakan juga harus menerapkan rencana fiskal jangka menengah yang kredibel dan memberikan bantuankhususyang ditargetkan kepada rumah tangga yang rentanuntuk menjaga daya beli agar level konsumsi masyarakat tidak anjlok.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2745 seconds (0.1#10.140)