Membangun Sistem Transaksi Perdagangan Aset Kripto

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:07 WIB
loading...
A A A
Ketiga, dengan adanya kejadian koin LUNA dan TerraUSD membuat kepanikan dan penurunan harga merembet kepada koin ‘induk’, yaitu Bitcoin. Dengan penurunan koin ‘induk’ ini, aset kripto lain juga terpengaruh mengalami penurunan.

Keempat, dengan adanya konflik Rusia dan Ukraina menyebabkan ketidakpastian dan inflasi global. Beberapa analis menyebutkan bahwa harga-harga saham juga mengalami penurunan dan memengaruhi instrumen investasi lainnya seperti aset kripto. Selain itu, analis juga menyebutkan bahwa spekulan lebih tertarik untuk berinvestasi pada komoditi pangan dan energi yang cenderung konservatif dan memiliki kondisi yang relatif berfluktuatif dengan adanya konflik Rusia dan Ukraina.

Kelima, industri aset kripto saat ini sedang mengalami winter season di mana perdagangan kripto telah menemui titik jenuhnya sehingga harga Bitcoin akan masuk pada tahap yang cukup panjang hingga nanti bertemu kembali pada halving selanjutnya. Proses halving adalah momen di mana terjadinya pengurangan reward bagi miners sebanyak 50% dari reward sebelumnya. Hal ini memicu kelangkaan dan akan menggerakkan harga ke atas sesuai dengan hukum pasar supply dan demand.

Jika dilihat dari sisi pelanggan, jumlah pelanggan aset kripto terdaftar sampai dengan Agustus 2022 tercatat sebesar 16,1 juta pelanggan dengan rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar sebesar 725.000 pelanggan per bulan. Hal ini menunjukkan minat masyarakat untuk berinvestasi di perdagangan aset kripto terus meningkat sehingga Bappebti menilai perlu adanya pengawasan yang baik untuk menjaga agar kondisi perdagangan aset kripto di Indonesia tetap kondusif.

Sebagai salah satu alternatif investasi, aset kripto merupakan instrumen investasi yang relatif lebih volatil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Volatil dalam artian instrumen ini dapat mengalami kenaikan atau penurunan nilai yang drastis dan dalam waktu cepat. Hal ini yang membuat instrumen ini memiliki risiko yang tinggi. Kendati demikian, dengan volatilitas yang tinggi ini aset kripto juga menawarkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat dan jumlah yang banyak.

Beberapa keuntungan investasi dari aset kripto di antaranya memiliki waktu transaksi yang tidak terbatas seperti instrumen saham, dalam artian transaksi aset kripto dapat dilakukan kapan saja dan tidak terdapat hari libur (24 jam x 7 hari).

Transaksi aset kripto dapat dilakukan lintas negara dan tidak terdapat birokrasi yang rumit sehingga bisa transparan, cepat, dan praktis. Selain itu, keuntungan dalam berinvestasi dengan aset kripto terlindungi dari upaya pencurian identitas serta biaya transaksi yang relatif lebih rendah.

Terakhir, setiap pengguna cryptocurrency bisa melihat semua transaksi yang sudah pernah dilakukan, tetapi pengguna tetap tidak akan bisa mengetahui transaksi tersebut dilakukan oleh pihak lain.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)