Berpihak Kepada Petani

Sabtu, 24 September 2022 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Program strategis tersebut dilakukan melalui transformasi pertanian kita menjadi modern dengan perubahan paradigma petani menjadi agripreneur. Dalam konsep ini, petani tidak lagi menjadi 'buruh', tetapi pemilik usaha tani.

Sebagai agripreneur, petani tidak hanya berkutat di bagian produksi, tetapi juga menguasai keseluruhan sistem agrobisnis dari hulu hingga hilir. Untuk melahirkan agripreneur, Kementerian Pertanian telah menargetkan pencetakan jutaan petani muda dan regenerasi petani.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi juga meminta masyarakat Indonesia menerapkan budaya tidak membuang makanan (food waste). Presiden mengharapkan masyarakat memperkuat budaya baru, yaitu menghargai setiap makanan yang sudah diambil.

Perlu diketahui, setiap tahun sampah makanan di Indonesia mencapai 1,3 juta ton atau 300 kg/orang. Jika dirupiahkan, total sampah makanan tersebut mencapai sekitar Rp27 triliun. Ironisnya, 19,6 juta penduduk Indonesia masih kekurangan gizi. Jika dikonsumsi, Rp27 triliun itu dapat memberi makan 28 juta orang/tahun. Jadi, food waste menjadi perbuatan mubazir.

Daniel Webster, seorang negarawan terkemuka Amerika Serikat mengatakan, “Janganlah kita lupa pertanian adalah pekerjaan manusia yang paling penting. Ketika pekerjaan pengolahan tanah dimulai, pertanian dimulai, seni dan kehidupan lain-lain mengikuti. Oleh karena itu, para petani adalah pendiri peradaban manusia.”

Maka, perayaan Hari Tani Nasional adalah upaya mengingat dan menjaga keberpihakan kepada petani yang sudah memenuhi keperluan pangan dan hasil pertanian lainnya. Seluruh stakeholder sektor pertanian diingatkan untuk terus perupaya dan bekerja untuk kesejahteraan petani.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)