Kritik dan Buzzer Politik

Rabu, 24 Juni 2020 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Sementara yang kolektif mirip pasukan siber (cyber troops) yang jelas objek atau sasarannya, pembagian timnya, serta peta jalan pemenangannya. Realitas ini secara faktual kerap membuat dunia maya bahkan dunia nyata gegap gempita dengan serbuan masif informasi yang dilancarkan para pendengung.

Yang harus diberi catatan khusus adalah jika para pendengung mulai melakukan serangan pembunuhan karakter, mengintimidasi kritik publik hingga menyebar teror melalui persekusi dan doxing di dunia maya. Dalam istilah lain melakukan praktik kill the messenger.

Mirip kisah nyata jurnalis investigasi Garry Webb dari surat kabar lokal San Jose Mercury News yang diangkat menjadi film dengan judul Kill the Messenger. Webb menulis tiga artikel bersambung yang menghebohkan dunia dengan judul Dark Alliance di Mercury News pada tahun 1996.

Dia menulis laporan investigasi bahwa CIA bertanggung jawab atas sebagian besar pengiriman kokain ke Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Niat baik Webb memantik serangan balik dari kelompok yang tidak suka dan terusik dengan laporannya.

Singkat kata, serangan atas pribadinya yang begitu masif membuat dia harus mengundurkan diri dari Mercury News dan akhir hidupnya tragis meninggal di usia 49 tahun dengan luka tembak di kepala. Polisi menyebut dia bunuh diri, meskipun banyak orang meyakini dia dibunuh.

Mungkin kill the messenger versi daring saat ini bentuknya bisa berupa pembunuhan karakter melalui aib, fitnah, rumor yang membuat orang yang menjadi objek intimidasi dan teror tak lagi bisa berbuat apa-apa. Dalam hal Bintang Emon, misalnya, disebar fitnah bahwa dia pengguna narkoba.

Modus seperti ini sangat mungkin juga dialami banyak orang. Realitas seperti ini tak cukup hanya dengan membangun literasi, melainkan juga diperlukan langkah-langkah penegakan hukum agar demokrasi bisa tetap terlindungi.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)