Kebangkitan SDM Unggul Pascapandemi

Jum'at, 20 Mei 2022 - 17:07 WIB
loading...
A A A
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai Pusat Keunggulan sebagai episode kedelapan, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha. Ini dilakukan melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. Diharapkan lulusan SMK tidak lagi sebagai penambah angka pengangguran dalam ketenagakerjaan di Indonesia.

Perluasan program beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) melalui kerja sama antara Kemendikbudristek dengan LPDP menjadi tema episode kesepuluh. Perluasan ditandai program baru sejak 2021, yaitu Kampus Merdeka, program dosen dan tenaga kependidikan, program vokasi, program prestasi dan beasiswa kebudayaan.

Kampus merdeka melalui program kampus mengajar di mana mahasiswa diajak menjadi agen perubahan dan mengajar di sekolah-sekolah terpilih. Program microcredentials memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai lembaga berkelas dunia. Beasiswa mobilitas internasional mendukung mahasiswa S1 untuk dapat belajar 1-2 semester di perguruan tinggi luar negeri terpilih.

Bangkit Bersama
Pada masanya, Dr Soetomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Sekarang, kita pun harus memiliki semangat juang yang sama atau bahkan lebih, untuk membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19. Indonesia membutuhkan SDM yang terpelajar, luhur, adaptif, dan kolaboratif untuk mencapai target pembangunan 2045.

Kebijakan dengan konsep Merdeka Belajar, menjadi tonggak kebangkitan yang mampu beradaptasi dengan cepat melewati masa-masa krisis. Kebijakan ini diharapkan dapat membebaskan dari keadaan membelenggu di masa-masa sulit. Kebijakan harus dipandang sebagai pembangkit untuk lebih cepat bergerak dan berubah dan tidak hanya saling menunjuk tentang kekurangan atau kelemahannya.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)