Gelar FGD, IKAPI Bahas Kurikulum Pendidikan Kurator dan Pengurus

Sabtu, 27 Juli 2024 - 13:19 WIB
loading...
Gelar FGD, IKAPI Bahas...
Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) menggelar FGD membahas pembaruan kurikulum pendidikan intensif bagi calon kurator dan pengurus. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan tersebut membahas pembaruan kurikulum pendidikan intensif bagi calon kurator dan pengurus.

Acara yang berlangsung di The Langham, Jakarta Selatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI, Ketua Umum IKAPI, perwakilan Dewan Pembina dan Dewan Pertimbangan IKAPI, serta perwakilan dari Mahkamah Agung (MA) yang diwakili Hakim Agung Agus Subroto, dan Akademisi yang diwakili Prof Hadi Subhan.

Dalam FGD ini, IKAPI berupaya menyempurnakan kurikulum pendidikan intensif yang telah ada dan disebut sebagai kurikulum terlengkap dan terpadat yang pernah dibuat. Pembaruan ini dinilai penting untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia kepailitan yang semakin dinamis.



Materi-materi yang akan diberikan kepada calon kurator dan pengurus akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan regulasi terbaru. "Kurikulum ini akan terus kami perbaharui secara berkala agar para kurator dan pengurus yang dihasilkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar internasional," ujar Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI Peter Kurniawan, Sabtu (27/7/2024).

Selain itu, kehadiran perwakilan dari Mahkamah Agung dan akademisi diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga untuk penyempurnaan kurikulum. Hal ini sejalan dengan komitmen IKAPI untuk menghasilkan kurator dan pengurus yang berkualitas dan profesional.



"Kami berharap dengan adanya pembaruan kurikulum ini, kualitas para kurator dan pengurus di Indonesia dapat semakin meningkat," jelas Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita.

Diinformasikan, IKAPI akan menyelenggarakan Pendidikan Intensif untuk Kurator dan Pengurus Angkatan XIV. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai 12-25 Agustus 2024, bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Pendidikan intensif ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para kurator dan pengurus dalam menjalankan tugasnya. Materi yang akan disampaikan mencakup berbagai aspek terkait kuratorial, mulai dari teori hingga praktik.

"Kegiatan ini memang rutin kami lakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan SDM dan mutu para kurator dan pengurus yang profesional dan berintegritas," tambah Oscar.

Nantinya setelah mengikuti pendidikan intensif, peserta akan mengikuti ujian yang akan dilaksanakan pada 6 September 2024 di Grand Ballroom Redtop Hotel & Convention, Jakarta Pusat. Ujian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan.

Pendaftaran untuk Pendidikan Intensif IKAPI Angkatan XIV dibuka mulai 29 Juli hingga 9 Agustus 2024. Nantinya peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp42,5 juta untuk pendidikan dan Rp5 juta untuk ujian.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)