Kembangkan SDM Unggul di IKN, Gerbangtara Sinergi dengan Berbagai Pihak

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 10:58 WIB
loading...
Kembangkan SDM Unggul...
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berharap adanya peningkatan SDM lokal dari berbagai sektor di kawasan IKN. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Upaya mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara) melalui sinergi dengan berbagai pihak.

Kolaborasi strategis ini bertujuan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memperkuat partisipasi warga agar siap membangun ibu kota baru. Gerbangtara merupakan bentuk kolaborasi multipihak dari unsur swasta dan organisasi masyarakat sipil yang didukung Otorita IKN, Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenpora, Kominfo, hingga Kementerian Investasi.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berharap sinergi Gerbangtara dengan Bank Kaltimtara akan semakin menguatkan peningkatan SDM lokal dari berbagai sektor di kawasan IKN.

“Peningkatan SDM lokal dari berbagai sektor sangat dibutuhkan di sana (IKN). Misalnya perlu juga regenerasi petani, ini merupakan isu global yang mesti diatasi mulai dari sekarang,” kata Moeldoko di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Wildanshah selaku Koordinator Tim Strategi dan Komunikasi Kebijakan Menpora berharap Gerbangtara menjadi ruang kolaborasi multipihak yang selaras dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“IKN adalah ibu kota baru. Kita butuh memperkuat generasi baru. Gerbangtara saya harap bisa menjadi hub multistakeholder dalam membangun SDM di Kalimatan Timur. Tugas kami memastikan sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan kepemudaan sebagaimana amanat Perpres Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan,” ungkapnya.

Diketahui, Gerbangtara membangun konsorsium pentahelix dalam membangun SDM di sekitar Nusantara. Dalam konsep tersebut, terdapat kolaborasi antar lima unsur subjek yaitu akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

Tim Ahli Bidang Sosial dan Politik Gerbangtara Christian Frisky menyambut antusias kolaborasi strategis ini. Pihaknya hadir untuk memobilisasi dan mengorkestrasi potensi talenta muda di kawasan IKN.

Direktur Bisnis dan Syariah PT BPD Kaltim Kaltara Muhammad Edwin menambahkan besarnya potensi sinergi dengan Gerbangtara, KSP maupun lembaga pemerintah lainnya dalam membangun IKN. Pihaknya berkomitmen meningkatkan kapasitas SDM agar dapat berperan aktif dalam memberikan pembiayaan proyek-proyek strategis di IKN.

“Kami siap berkolaborasi dalam berbagai program dan kegiatan untuk mempercepat pembangunan IKN demi masa depan yang lebih baik,” ucapnya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)